Advertisement

Wisuda STTKD, Siapkan Lulusan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

Media Digital
Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:47 WIB
Maya Herawati
Wisuda STTKD, Siapkan Lulusan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 Wisudawan terbaik dilantik oleh Ketua STTKD, Vidyana Mandrawaty, dalam wisuda STTKD, di JEC, Sabtu (9/12/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

BANTUL—Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) mewisuda sebanyak 246 taruna-taruninya di Jogja Expo Centre (JEC), Sabtu (9/12/2023). Para lulusan ini disiapkan untuk mampu bersaing di era revolusi industri 4.0.

Ketua STTKD, Vidyana Mandrawaty, mengatakan wisuda ini menjadi momen melepas para taruna-taruni untuk terjun ke masyarakat mengamalkan ilmu dan pengetahuannya. “Ini akan menjadi awal perjalanan panjang berikutnya, yang menjadi tolak ukur nilai-nilai pribadi yang selama ini kita persiapkan untuk mengubah seorang taruna menjadi perwira untuk bangsa,” ujarnya.

Advertisement

Era revolusi industri 4.0 kata dia, telah menanti dan siap menyingkirkan mereka yang tidak mampu bersaing. Pemanfaatan teknologi informasi Artificial Intelligence di mana kecerdasan manusia dapat dengan mudahnya ditiru bahkan dikembangkan menjadi mesin super cerdas untuk menggantikan peranan manusia.

“Kedewasaan dan kebijaksanaan yang akan menentukan manusia mana yang akan mengendalikan teknologi, manusia mana yang dikendalikan teknologi. Ketulusan hati untuk membantu, keikhlasan untuk memberi, kesadaran penuh untuk selalu menjaga nilai-nilai seorang ksatria yang akan membawa kita pada kejayaan,” katanya.

BACA JUGA: Usulan Debat Capres dalam Bahasa Inggris, Ini Kata Pengamat

Nilai-nilai kemanusiaan yang ditanamkan di STTKD bukan hanya sekadar tata tertib ataupun simbol semata. Nilai-nilai STTKD adalah jaminan mutu untuk lulusan STTKD dalam berkarya dan bersinergi dengan perkembangan zaman.

Tenaga profesional dengan ciri-ciri Taqwa, Teknokrat, Tanggap, Tanggon dan Trengginas (5T) adalah output yang disiapkan STTKD untuk industri dan negeri. “Kampus disiplin STIKD mempersyaratkan tiga kemampuan dasar. Disiplin pada setiap peran kehidupan, komunikasi yang santun dan efektif serta jiwa kepemimpinan yang terpancar melalui ketegasan dan keadilan,” katanya.

Ia berpesan agar nilai-nilai STTKD selalu ada di hati para alumni. “Kami selalu mendoakan semua yang telah kami berikan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat, mengantarkan pada perjalanan membanggakan bagi seluruh keluarga,” ungkapnya.

Wakil ketua Bidang Akademik STTKD, Erwhin Irmawan, menuturkan wisuda ini merupakan wisuda ke 30 STTKD, dengan jumlah 246 lulusan. “Para lulusan terbagi dalam enam prodi, yakni S1 Teknik Dirgantara, D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Manajemen Transportasi, D3 Aeronautika, D1 Ground Handling dan D1 Pramugari-Pramugara,” katanya.

Lulusan terbaik dalam wisuda ini diraih oleh Cipto Riswanto, S1 Teknik Dirgantara, dengan IPK 3,91, masa studi 4 tahun 2 bulan; Fafndi Yoga Triawan, D4 Manajemen Transportasi, dengan IPK 3,74, masa studi 3 tahun 1 bulan; Dwi Muhammad Hidayat, D3 Manajemen Transportasi Udara, dengan IPK 3,64 dan masa studi 3 tahun 1 bulan.

Kemudian Miftahul Jannah, D3 Aeronautika, dengan IPK 3,61 dan masa studi 3 tahun; hamidah Wahyu Permadani, D1 Ground Handling, dengan IPK 3,9 dan masa studi 1 tahun 2 bulan; Amelia Nurfadhila, D1 Pramugari-Pramugara, dengan IPK 3,9 dan masa studi 1 tahun 1 bulan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement