Advertisement

Berencana Liburan Akhir Tahun di DIY, Waspadai 12 Titik Kemacetan Ini

Yosef Leon
Minggu, 10 Desember 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Berencana Liburan Akhir Tahun di DIY, Waspadai 12 Titik Kemacetan Ini Ilustrasi kemacetan. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY memprediksi ada sebanyak 12 lokasi wisata yang nantinya berpotensi macet pada masa libur panjang akhir tahun.

Koordinasi dengan polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) DIY pun sudah dilakukan agar jalur alternatif dipersiapkan.

Advertisement

Selain itu kepada pengelola wisata juga diminta menambah personel guna mengurangi potensi antrean pada masa libur mendatang. 

Plh Kepala Dispar DIY, Kurniawan menjelaskan pihaknya sudah memetakan titik wisata mana saja yang nantinya macet pada masa libur panjang akhir tahun.

Total ada 12 titik yang berpotensi macet lantaran padatnya mobilitas wisatawan. Di wilayah Kota Jogja ada Malioboro dan Kraton, Monjali dan Jakal, juga ada Prambanan Breksi dan sekitarnya. Di Kulonprogo ada Ayunan Langit Sungai Mudal, Waduk Sermo, Kali Biru, dan Pantai Glagah. 

"Kemudian ada di Pantai Parangtritis dan Depok yang potensi antrean panjang di loket, Hutan Pinus Mangunan, di Gunungkidul juga ada Pantai Baron serta di sekitaran Heha Ocean View, Gua Pindul, Bukit Bintang dan Nglangeran juga relatif ramai kemungkinan besar akan macet juga," kata Wawan, Minggu (10/12/2023).

Menurutnya, Dispar DIY telah mengimbau kepada pengelola wisata untuk menyiapkan manajemen bagi pengunjung masuk. "Karena biasanya lonjakan wisata itu pasti membludak ya, sehingga kita mau loket wisata itu ada penambahan petugas sehingga tidak ada antrean panjang," jelasnya. 

Wawan menambahkan, pihaknya juga telah mendata bahwa sedikitnya kurang lebih ada 30 event yang akan digelar selama masa liburan akhir tahun.

"Kami juga akan siapkan crisis center maupun TIC untuk memberikan kanal kepada wisatawan jika ada laporan, sehingga mereka tidak liar hanya menyampaikan kekecewaan di medsos, itu bagus untuk feedback ke kami langsung," ujarnya. 

BACA JUGA: Libur Nataru, 11 KA Jarak Jauh Dioperasikan dari Stasiun Malang

Dia menyebut, tidak ada target khusus pendapatan asli daerah (PAD) sektor wisata di masa libur panjang akhir tahun nanti. Hanya saja pihaknya menargetkan sebanyak 800.000 wisatawan akan berkunjung ke wilayah setempat.

"Kami harapkan bisa tercapai lah targetnya karena kita juga pengen tidak terganggu dengan masa kampanye khususnya, karena kemarin banyak yang maju eventnya di November karena takut dengan kampanye terbuka.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement