Advertisement

Dibangun Pusat, Pemkab Kulonprogo Bakal Ambil Alih Pengelolaan SPAM Kamijoro

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 14 Desember 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Dibangun Pusat, Pemkab Kulonprogo Bakal Ambil Alih Pengelolaan SPAM Kamijoro Bendung Kamijoro.-Harian Jogja - Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo akan mengambil alih pengelolaan kawasan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kamijoro. Hanya saja pengelolaan tersebut akan dilakukan setelah pembangunan SPAM selesai.

Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan kapasitas maksimal SPAM Regional Kamijoro tersebut mencapai 500 liter per detik. “Total kapasitas SPAM Regional Kamijoro kan 500 liter per detik. Nantinya, SPAM Kamijoro akan dikelola Kulonprogo,” kata Made ditemui di DPRD Kulonprogo, Kamis (14/12/2023).

Advertisement

Made menambahkan SPAM Regional Kamijoro diharapkan dapat memenuhi variabel pemenuhan air minum sehat yang masuk dalam Sustainable Development Goals (SDGs). “Nah, air minum yang sehat itu kan air baku yang diolah kembali. Target utama kami itu memang di wilayah selatan Kulonprogo agar pemenuhan air minum sehat dapat dipenuhi,” katanya. 

BACA JUGA: Disepakati, Anggaran Pembangunan SPAM Kamijoro Hampir Rp1 Triliun

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Binangun Kulonprogo, Jumantoro mengatakan Kulonprogo akan mendapat alokasi air dari SPAM Regional Kamijoro sebesar 150 liter per detik dan diproyeksi dapat mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat Kulonprogo wilayah selatan, embarkasi haji, dan kawasan aerotropolis YIA. Bahkan dapat mendukung kawasan perdagangan dan industri di Kapanewon Sentolo.

“Pada 2024, Pemkab Kulonprogo akan dibantu 150 liter per detik dari SPAM Kamijoro,” kata Jumantoro.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM) DIY, Anna Rina Herbranti menjelaskan SPAM Regional Kamijoro dibangun oleh Kementerian-PUPR melalui Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW) DIY. “Kemungkinan 2024 akan mulai dibangun oleh BPPW. SPAM Regional Kamijoro akan dikelola Pemkab Kulonprogo,” kata Anna.

Di lain pihak, Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati berharap SPAM Regional Kamijoro dapat memenuhi kebutuhan air bersih. 

“Harus juga mampu menambah tata nilai ekonomi di masyarakat. Kalau SPAM itu aktif, air tidak seperti saat ini, pagi hidup tapi sore mati,” kata Akhid.

 Akhid menambahkan kebutuhan air akan sangat membantu pelaku UMKM dalam berusaha. Selain itu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan menyedot aktivitas yang banyak menggunakan air. Dengan begitu biaya untuk air dapat dihemat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kenaikan Yesus Kristus, Tokoh Agama Ajak Jaga Toleransi

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Penginapan Jepang Punya Promo Murah Menginap Per Malam Hanya Rp10 Ribu, Ini Syaratnya

Wisata
| Rabu, 08 Mei 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement