Advertisement

Kasus Covid-19 Melonjak, Dinkes Bantul Minta Warga Terapkan Prokes

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 20 Desember 2023 - 11:17 WIB
Maya Herawati
Kasus Covid-19 Melonjak, Dinkes Bantul Minta Warga Terapkan Prokes Ilustrasi Covid/19 / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul terus naik.  Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul mengimbau masyarakat agar kembali menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinkes Kabupaten Bantul menyampaikan dalam beberapa hari belakangan terjadi penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Bantul.

Advertisement

 “Per hari ini pasien Covid isolasi ada 15 orang. Ada yang dirawat di RS karena bergejala,” katanya, Rabu (20/12/2023).

Saat ini menurut dia ada empat orang yang dirawat karena bergerjala di RSUD Panembahan Senopati Bantul, sementara sisanya menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Sementara dia pun mengimbau masyarakat agar menerapkan prokes dan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih [PHBS] untuk mengantisipasi peningkatan kasus.

“Imbauan kepada masyarakat untuk cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, apabila menderita sakit saluran pernafasan selalu memakai masker,” katanya.

Sementara bagi masyarakat yang memiliki komorbid diimbau untuk menggunakan masker saat berada di area publik. Dia juga meminta masyarakat segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) apabila mengalami gejala penyakit Covid-19.

BACA JUGA: Berkelahi di Dekat Pasar Potorono, 7 Pelajar Kota Jogja Ditangkap Polisi

Sementara sebelumnya Agus telah meminta rumah sakit di wilayah Kabupaten Bantul untuk kembali menyiapkan ruang isolasi bagi pasien Covid-19.

“Rumah sakit di Bantul untuk selalu siap siaga menghadapi lonjakan Covid-19. Kemudian juga kembali mempersiapkan ruangan yang dapat digunakan untuk isolasi pasien dengan gejala,” katanya.

RSUD Panembahan Senopati Bantul telah menyiapkan 38 tempat tidur bagi pasien Covid-19 untuk mengantisipasi peningkatan kasus. Saat ini pun RSUP Panembahan Senopati Bantul tengah merawat 4 pasien Covid-19 dengan gejala dan komorbid.

RSUD Panembahan Senopati juga telah menerapkan skrining bagi pasien yang akan menjalani operasi maupun rata inap di sana. Sementara pengunjung juga diimbau untuk menggunakan masker.  "Apalagi untuk yang sedang mengalami sakit flu, batuk dan demam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement