Advertisement

RSIY PDHI Utamakan Pelayanan, Pasien BPJS Kesehatan Kelas 3 dapat Naik Kelas di RSIY PDHI

Media Digital
Rabu, 20 Desember 2023 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
RSIY PDHI Utamakan Pelayanan, Pasien BPJS Kesehatan Kelas 3 dapat Naik Kelas di RSIY PDHI Direktur RSIY PDHI dr. H. Bima Achmad Binarutama (kanan) dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti (kiri) dalam Rapat Kerja RSIY PDHI Tahun 2024 bertajuk Kesiapan Rumah Sakit Menyongsong Transformasi Pelayanan Kesehatan ke Depan," di Grand Rohan Jogja, Rabu (20/12/2023). Harian Jogja - Stefan Yulindriani 

Advertisement

Utamakan Pelayanan, Pasien BPJS Kesehatan Kelas 3 dapat Naik Kelas di RSIY PDHI

BANTUL–RS Islam Yogyakarta Persatuan Djamaah Hadji Indonesia (RSIY PDHI) menawarkan kepada pasien BPJS Kesehatan dapat naik kelas perawatan yang lebih tinggi tanpa membayar selisih biaya yang dijamin BPJS Kesehatan.

Advertisement

Direktur RSIY PDHI, Bima Achmad Binarutama menyampaikan kebijakan tersebut diterapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien. 

“Itu [naik kelas BPJS Kesehatan] kebijakan dari RSIY PDHI. Kami memiliki visi yang sama dengan BPJS Kesehatan dengan berusaha tidak menolak pasien,” katanya saat ditemui dalam Rapat Kerja RSIY PDHI Tahun 2024 bertajuk Kesiapan Rumah Sakit Menyongsong Transformasi Pelayanan Kesehatan ke Depan, di Grand Rohan Jogja, Rabu (20/12/2023).

 

 

Dia menyampaikan kebijakan tersebut diterapkan apabila ada pasien di kelas tertentu harus mendapatkan perawatan rawat inap, namun kamar yang tersedia di kelas tersebut penuh, maka dapat naik ke kamar perawatan kelas di atasnya. 

“Ketika kamar penuh ada mekanisme titip kelas, dan itu tidak ada pemungutan biaya titip kelas. Jadi dianggap sesuai kelas, tetapi bisa naik ke kelas diatasnya, kalau [pasien BPJS Kesehatan] kelas 3 bisa ke [ruang perawatan] kelas 2, kelas 1 atau jika penuh dapat ke VIP,” ujarnya. 

Saat ini menurut dia jumlah pasien BPJS Kesehatan yang melakukan perawatan di RSIY PDHI mendominasi ada sekitar 70% dari total jumlah pasien. 

Dia menyampaikan RSIY PDHI terus melakukan upaya peningkatan pelayanan kepada pasien dengan menghadirkan beberapa layanan baru. Saat ini RSIY PDHI telah memiliki klinik nyeri, bedah saraf dan toraks. Pelayanan tersebut saat ini telah dilengkapi dengan dokter spesialis dan peralatan penunjang yang memadai. 

“Jadi pelayanan poliklinik antinyeri di sini sudah bisa melaksanakan. Sehingga untuk operasi yang cukup sulit sudah kita fasilitasi. Sehingga pasien kalau sudah kita treatment nyerinya dia tidak perlu ketergantungan dengan obat, ada fase berapa tahun dia bebas nyeri,” katanya. 

Sementara menurut dia, pelayanan bedah toraks dibentuk untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di RSIY PDHI, Sebelumnya, RSIY PDHI sempat menerima beberapa pasien dengan keluhan tersebut, namun selalu memberikan rujukan ke rumah sakit lainnya. Tambahan pelayanan tersebut dilakukan sebagai respon terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat. 

“Kita akan concern ke pelayanan tulang belakang. Saat ini dari data kunjungan kami, pasien yang ada masalah di tulang belakang, kita masih merujuk, sehingga dari data kebutuhan itu kita akan lakukan untuk peningkatan pelayanan,” ujarnya. 

Berbagai pelayanan tersebut menurut dia diterapkan untuk menyongsong transformasi pelayanan kesehatan yang ditawarkan RSIY PDHI. 

Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. Ali Ghufron Mukti menyambut baik kebijakan naik kelas yang diterapkan RSIY PDHI. Menurut dia kebijakan tersebut sejalan dengan upaya BPJS Kesehatan memberikan pelayanan terbaik untuk peserta BPJS Kesehatan dengan fokus untuk peningkatan mutu, kecepatan pelayanan dan kesetaraan antar peserta.  

“Di RSIY PDHI pasien bisa dipinjamkan ruang VIP tanpa tambahan biaya, ini satu hal yang dapat dicontoh. Sebagian besar pasien RSIY PDHI adalah pasien JKN [BPJS Kesehatan],” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement