Advertisement

Kemarau Panjang, Belum Ada Laporan Kekeringan di Kota Jogja

Lugas Subarkah
Kamis, 21 Desember 2023 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Kemarau Panjang, Belum Ada Laporan Kekeringan di Kota Jogja Ilustrasi Kekeringan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Musim kemarau yang cukup panjang dan kering menyebabkan kekeringan terjadi di sejumlah wilayah di DIY, bahkan setelah memasuki musim hujan saat ini. Namun khusus Kota Jogja, hingga pertengahan Desember ini belum ada satu pun laporan kekeringan.

Ketua Tim Kerja Data Informasi Komunikasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Darmanto, menjelaskan hingga saat ini belum ada laporan kekeringan dari warga. “Belum menerima laporan baik itu sumur berkurang debit atau ketinggian permukaan airnya atau kekurangan air,” ujarnya, Rabu (20/12/2023).

Advertisement

Meski demikian, ia mengakui memang ada beberapa warga yang mendalamkan sumurnya untuk mendapatkan air. “Saya juga mendengar dari KTB [Kampung Tanggap Bencana], ada yang menambah pipa atau menyuntik sumurnya, tapi tidak ada laporan [kekeringan] yang masuk,” katanya.

BACA JUGA: Jadwal Penyesuaian KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja, Berlaku 21-31 Desember

Namun secara umum, kebutuhan air di Kota Jogja masih dapat terpenuhi. Hal ini terlihat dengan tidak adanya permintaan bantuan droping air bersih. “Kemaren waktu pengukuhan KTB di Balaikota, ada sekitar 70 KTB se Kota Jogja, waktu ngobrol juga tidak ada yang menyampaikan itu [permintaan bantuan air],” ungkapnya.

Ia mengimbau untuk warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air dapat melaporkan melalui kelurahan setempat, yang nanti akan diteruskan ke BPBD Kota Jogja. “Warga melaporkan ke keluraha, nanti kelurahan yang melaporkan ke BPBD Kota Jogja,” katanya.

Sedangkan untuk bantuan droping air, yang melaksanakan langsung dari BPBD DIY, karena BPBD Kota Jogja tidak memiliki sarana yang diperlukan. “BPBD DIY yang memiliki armada untuk bantuan airnya, kalau kota tidak memiliki,” paparnya.

Lurah Semaki, Arini Susetyowati, mengamini hal tersebut. Dari pantauannya, sampai saat ini belum ada warga yang mengeluhkan kekeringan, kekurangan air atau minta bantuan droping air. “Sementara ini belum ada,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden PKS Ahmad Syaikhu Diusulkan Jadi Cagub DKI Jakarta

News
| Sabtu, 27 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement