Advertisement

Viral Video Wanita Tipu Pembeli di Toko Kelontong, Pelaku Diringkus Polisi

Jumali
Sabtu, 23 Desember 2023 - 15:17 WIB
Sunartono
Viral Video Wanita Tipu Pembeli di Toko Kelontong, Pelaku Diringkus Polisi Polisi memperlihatkan barang bukti dan pelaku di Mapolsek Banguntapan/Dok Humas Polres Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Petugas dari Polsek Bangutapan, Bantul menangkap seorang wanita berinisial SLWT, 50, warga Depok, Sleman. SLWT yang tinggal di Pleret, Bantul ini ditangkap karena diduga telah melakukan penipuan dengan jalan meminta uang kembalian.

Video tersebut viral di medsos diunggah di akun Instagram @merapi_uncover. Tampak perempuan membeli dan dilayani oleh pemilik toko, setelah mendapatkan kembalian dan pura-pura berjalan menjauhi toko, wanita itu kembali. Pemilik toko pun memberikan uang lagi. Setidaknya ada dua video yang viral dengan pelaku yang diduga sama. Kasus viral ini pun langsung direspons oleh petugas kepolisian.

Advertisement

BACA JUGA : Viral Video Asusila di Restoran Kawasan Senopati Jakarta, Polisi: Kami Selidiki

Kapolsek Banguntapan AKP Candra Satria Adi Pradana mengatakan, kejadian tersebut bermula pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2023 sekira pukul 10.00 WIB di Toko “SETIA MART” milik Iin Apriyani, 42, kedatangan seorang perempuan. Ciri-cirinya badan agak besar membeli barang dan melakukan pembayaran dengan uang lembaran Rp100.000.

Setelah diberikan uang pengembalian perempuan tersebut mengaku belum menerima uang pengembalian yang ada lembaran limapuluh ribuannya (yang diterima hanya lembaran duaribuan).

"Sehingga korban kemudian menukar uang dua ribuan yang ditunjukkan pelaku tersebut dengan uang lembaran limapuluh ribu rupiah," kata Kapolsek, Sabtu (23/12/2023).

Setelah pelaku pergi, korban kemudian mengecek CCTV dan melihat bahwa dirinya sudah mengembalikan uang pengembalian limapuluh ribuan ke pelaku. "Atas kejadian tersebut Iin pun melaporkan peristiwanya ke Polsek Banguntapan," lanjut Kapolsek.

Setelah menerima laporan dari korban, papar Kapolsek, selanjutnya team opsnal Polsek Banguntapan melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan bukti-bukti di TKP termasuk rekaman CCTV.

Berdasarkan hasil penyelidikan selanjutnya team opsnal mendapatkan petunjuk terkait dengan identitas maupun keberadaan terduga pelaku.

"Pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2023 sekira pukul 21.00 WIB tim opsnal Polsek Banguntapan mengetahui keberadaan terduga pelaku ditempat kos yang berada diwilayah Pleret dan mendatanginya," katanya.

BACA JUGA : Video Adegan Tampar Pemuda Viral, Pemain Naturalisasi Ini Ditahan dan Diancam 7 Tahun Penjara

Setelah bertemu dengan pelaku, petugas kemudian menunjukkan bukti CCTV yang mengarah kepada pelaku dan pelaku mengakuinya, selanjutnya pelaku menunjukkan motor dan jaket yang digunakan pada saat melakukan penipuan. Kepada petugas, pelaku mengaku melakukan perbuatannya karena faktor ekonomi. Adapun uang hasil perbuatan pelaku telah habis untuk kebutuhan setiap hari.

"Kepada pelaku kami jerat pasal 379 KUHP mengenai penipuan ringan dan Tipiring. Korban telah memaafkan pelaku dan pelaku berjanji tidak akan mengulangi lagi," katanya.

"Karena pelaku berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya maka perkara ini selanjutnya akan dihentikan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement