Advertisement

Hanum, Putri Amien Rais Mendaftar Balon Wali Kota Jogja Lewat PKB

Sunartono
Sabtu, 04 Mei 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Hanum, Putri Amien Rais Mendaftar Balon Wali Kota Jogja Lewat PKB PKB Kota Jogja mengungkap Hanum Rais yang merupakan putri dari politikus senior Amien Rais mendaftar bakal calon (balon) Wali Kota Jogja lewat partai berlatar belakang Nahdlatul Ulama tersebut. Nama Hanum Rais menjadi salah satu dari total delapan balon yang mendaftar lewat PKB. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PKB Kota Jogja mengungkap Hanum Rais yang merupakan putri dari politikus senior Amien Rais mendaftar bakal calon (balon) Wali Kota Jogja lewat partai berlatar belakang Nahdlatul Ulama tersebut. Nama Hanum Rais menjadi salah satu dari total delapan balon yang mendaftar lewat PKB.

"Sampai saat ini total ada delapan orang yang mendaftar balo lewat PKB terdiri atas empat mengincar kursi Wali Kota dan empat lagi Wakil Wali Kota Jogja," kata Ketua DPC PKB Kota Jogja, Solihul Hadi, Jumat (4/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada 2024, Heroe Poerwadi Hingga Singgih Raharjo Ambil Formulir Pendaftaran Calon Walikota di Partai Golkar

Empat orang yang mendaftar dan mengambil formulir balon wali kota antara lain Hanum Salsabiela Rais yang juga putri Amien Rais sekaligus anggota DPRD DIY periode 2019-2023, Muhammad Yazid Afandi selaku Ketua PCNU Kota Jogja, Heroe Poerwadi Wakil Walikota Jogja periode 2017-2022 dan Mariana Ulfah, seorang presenter televisi.

Adapun empat lainnya yang mendaftar sebagai balon wakil wali kota lewat PKB terdiri atas akademisi sekaligus praktisi hukum Ricco Survival Yubaidi, praktisi hukum dan mantan anggota DPRD Sleman 1999-2004 Amin Purnama, Ariyanto seorang pengusaha Kota Jogja dan Haryawan Emir Nuswantoro yang juga pengusaha.

Solihul Hadi mengakui masuknya nama Hanum sebagai salah satu kandidat balon yang diumumkan PKB mungkin mengejutkan. Mengingat selama ini trah Amien Rais berlatar belakang Muhammadiyah. Akan tetapi, Solihul menilai PKB sebagai partai yang terbuka terhadap setiap golongan baik berbasis kemasyarakatan, kepemudaan dan agama. Oleh karena itu PKB menerima siapa pun yang ingin mendaftar.

"Ini sesuai dengan arahan dari ketum kami Gus Muhaimin bahwa PKB Partai terbuka, partai ini tidak terkooptasi pada satu organisasi," ujarnya.

Di sisi lain, ia telah beberapa kali melakukan komunikasi dengan Hanum Rais terkait berbagai persoalan yang berkiaitan dengan Kota Jogja. Dari hasil diskusi tersebut, Solihul menilai ada kesamaan persepsi antara PKB dengan Hanum terutama dalam menangani beragam permasalahan di Kota Jogja.

BACA JUGA : Pilkada: PDIP Kota Jogja Buka Pendaftaran Bakal Calon, Terbuka Untuk Internal dan Eksternal

"Jadi tidak secara tiba-tiba, sebelum mengarah ke kontestasi Pilkada kami sudah berdiskusi banyak hal. Kebetulan ada juga jejak Mas Hanafi Rais, sehingga merasa memiliki sumber daya yang cukup untuk menjadi bagian dari balon wali kota," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Status Aktivitas Gunung Ruang Turun dari Siaga ke Waspada, PVMBG: Masih Ada Potensi Bahaya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement