Advertisement

Surat Suara untuk Pilpres 2024 Tiba di Sleman

David Kurniawan
Rabu, 27 Desember 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Surat Suara untuk Pilpres 2024 Tiba di Sleman Sejumlah pekerja menurunkan boks surat suara Pilpres 2024 di gudang milik KPU Sleman, Rabu (27/12/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman mulai mendapatkan kiriman surat suara dan langsung disimpan di Gudang yang dimiliki di Tegal Mraen, Kalurahan Sendangadi, Mlati, Rabu (27/12/2023). Surat suara yang diterima baru untuk pemilihan presiden sebanyak 872.000 lembar.

Pantauan di Gudang KPU Sleman, kedatangan surat suara ini sekitar pukul 12.51 WIB yang dibawa menggunakan satu container. Pengiriman ini mendapatkan pengawalan dari jajaran petugas di Polda DIY dengan menggunakan senjata lengkap.

Advertisement

Ketua KPU Sleman, Ahmad Baehaqi mengatakan, pada saat pengiriman kondisi container dalam keadaan tersegel. Sebelum diturunkan, ada serah terima dari jasa ekspedisi kepada tim di KPU.

Menurut dia, surat suara yang dikirim baru sebatas untuk pemilihan presiden dan wakil persiden. Adapun surat suara lainnya, masih menunggu proses cetak dan pengiriman dari KPU RI.

Untuk jumlah surat suara pilpres yang dikirim sebanyak 436 koli. Setiap kolinya ada 2.000 lembar sehingga total terdapat 872.000 surat suara terkirim. “Jumlah ini sangat mencukupi untuk ketersediaan surat suara pilpres 2024,” katanya.

Kenyakinan tersebut tak lepas dari jumlah Daftar Pemilih Tetap yang tercatat di KPU, sebanyak 849.062 jiwa. Adapun proese pencetakan terdapat penambahan sebanyak 2% dari DPT sehingga yang tercetak sebanyak 867.622 lembar surat suara. “Jadi masih ada sisa sekitar 4.000an lembar sehingga bisa jadi Cadangan untuk kerusakan saat proses pelipatan,” katanya.

Gudang Penyimpanan

Kepala Sub Bagian Keuangan Umum dan Logistik, KPU Sleman Meirino Setyaji mengatakan, untuk Gudang penyimpanan tidak ada masalah karena lokasinya sangat representative. Selain itu, ia memastikan kondisinya aman dari bocor serta telah dilengkapi CCTV. “Untuk keamanan kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian,” katanya.

Menurut dia, sebelum pengiriman surat suara, KPU Sleman sudah mendapatkan logistik lain seperti kotak, bilik suara, tinta, alat pencoblos hingga peralatan lain untuk pelaksanaan pemilihan di TPS. “Yang datang akan segera dilipat sambil menunggu pengiriman surat suara selanjutnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong

News
| Senin, 29 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement