Advertisement

Kankemenag Kulonprogo Bikin SOP Madrasah untuk Tingkatkan Layanan Pendidikan

Triyo Handoko
Kamis, 28 Desember 2023 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kankemenag Kulonprogo Bikin SOP Madrasah untuk Tingkatkan Layanan Pendidikan Suasana pembukaan penyusunan SOP madrasah oleh Kankemenag Kulonprogo di MAN 1 Kulonprogo, Kamis (28/12 - 2023) pagi.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kulonprogo menyusun standar operasional prosedur (SOP) madrasah di wilayahnya, Kamis (28/12/2023). Penyusunan SOP madrasah ini untuk menata institusi pendidikan dibawah Kemenag agar layanan meningkat.

Kepala Kankemenag Kulonprogo, H.M. Wahib Jamil menjelaskan SOP tersebut akan jadi rujukan utama aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di lingkungannya. "Seorang ASN harus memiliki komitmen untuk menata institusi. Selain itu juga harus terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Begitupun dengan ASN Kemenag yang bertugas di madrasah," katanya saat sambutan, Kamis pagi.

Advertisement

Baca Juga

Kemenag Akan Dirikan Madrasah Berciri Khas Hindu, Bernama Widyalaya

Madrasah Harus Adaptif dengan Teknologi Digital

Asyik, Madrasah di DIY Kini Punya Pusat Pendidikan Bahasa Asing

Penyusunan SOP tersebut didasarkan pada tiga hal, jelas Wahib, pertama mengubah mindset reformasi birokrasi, kedua komitmen berintegritas melayani masyarakat sebaik mungkin, ketiga layanan berorientasi pada kepuasan masyarakat.

Kasi Dikmad Kankemenag Kulonprogo, Muhamad Dwi Putranto S.Pd. menjelaskan petugas pengawas mendapat tugas mendampingi madrasah dalam proses penyusunan SOP. “Kegiatan ini harapannya ada output yang jelas tentang SOP di madrasah. Kemudian kepada peserta diharapkan dapat mengimbaskan kepada madrasah yang lain. Hal ini supaya lebih praktis, efektif, dan efisien," terangnya.

Dalam Penyusunan SOP madrasah tersebut, jelas Putranto, mendapatkan pendampingan dari Biro Ortala Sekretariat Jenderal Kemenag RI. "Pendampingan ini agar makin maksimal hasil output SOP nantinya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement