Advertisement

Hampir Tembus 70 Persen, Begini Progres Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo YIA Kulonprogo

Catur Dwi Janati
Rabu, 03 Januari 2024 - 18:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Hampir Tembus 70 Persen, Begini Progres Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo YIA Kulonprogo Aktivitas pemadatan timbunan area Simping sta 57600. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski hampir menyentuh angka 70%, pembebasan lahan di kawasan pembangun tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman masih membutuhkan akselerasi. 

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto mengungkapkan pembebasan lahan di ruas tol Trihanggo-Junction Sleman di kawasan Tirtoadi hampir menyentuh angka 70%. Dari total 398.978 meter persegi lahan yang dibutuhkan, sebanyak 69,08% atau setara 275.622 meter persegi telah dibebaskan.

Advertisement

"Sudah 70 persen, semoga nanti Minggu depan ini ada lagi [pembebasan]. Semoga nanti tambah lagi," terang Agung pada Rabu (2/1/2024).

BACA JUGA: Berikut Progres Pembangunan Tol Jogja Solo di Atas Ring Road

Kendati demikian masih ada 123.356 meter persegi lahan yang masih belum bebas. Bobotnya mencapai 30,92% dari total kebutuhan lahan penggarapan tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman.

Ikhwal masih banyaknya lahan yang belum bebas ini, ada beragam sebab yang membuat pembebasan lahan tersendat. Persoalan administrasi hingga waris masih menjadi penghambat dalam proses pembebasan lahan.

"Administrasi, ada masalah waris, kemudian ada yang di dalam tanggungan bank. Kemudian masih ada kesalahan administrasi, misalnya masih Letter C jadi harus dikonversi dulu jadi sertifikat," jelas Agung. 

Secara umum dari 13 Padukuhan terdampak tol yang tersebar di Tirtoadi, Tlogoadi dan Trihanggo, sebanyak 11 Padukuhan pembebasan lahannya telah tembus di atas angka 50%. Kebanyakan berkisar di angka 70%.

Bahkan wilayah Sanggrahan dan Sendari di Tirtoadi menjadi dua wilayah yang pembebasannya mencapai angka 100% atau dengan kata lain telah rampung. Disusul wilayah Gombang, Tirtoadi yang pembebasan lahannya mencapai 89,2%; Kaweden, Tirtoadi 80,7% dan Ngawen, Trihanggo yang sudah mencapai 79,4%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Helikopter Ditumpangi Presiden Iran Jatuh, Rusia Kirim Pesawat Canggih Bantu Pencarian

News
| Senin, 20 Mei 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement