Advertisement

Sambil Tunggu Pembebasan, Kontraktor Tol Jogja-Solo Sewa Lahan Kosong demi Percepat Konstruksi

Catur Dwi Janati
Rabu, 03 Januari 2024 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Sambil Tunggu Pembebasan, Kontraktor Tol Jogja-Solo Sewa Lahan Kosong demi Percepat Konstruksi Pemasangan safetyline di lahan penggarapan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna mempercepat penggarapan tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman, kontraktor melakukan skema sewa lahan kosong pada lahan yang belum dibebaskan.

Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto mengungkapkan untuk mempercepat proyek tol Jogja-Solo di kawasan Trihanggo-Junction Sleman, pihak kontraktor sampai menyewa lahan yang belum dibebaskan.

Advertisement

Sistem sewa dilakukan pada lahan belum bebas yang sifatnya adalah tanah kosong. "Tanah kosong kalau belum bebas kami sewa dulu," kata Agung, Rabu (3/1/2024).

Uang sewa ini diberikan kepada pemilik lahan sambil menunggu proses pembebasan lahan resmi dilakukan. Angka sewa yang diberikan sifatnya kompensasi. "Intinya untuk uang kompensasi atau kerohiman. Walaupun nanti sambil menunggu proses uang ganti rugi [pembebasan lahan]," kata dia.

Agung mencatat setidaknya ada tujuh petak lahan terdampak tol yang mulai digarap dengan sistem sewa sementara ini. Jumlah petak tersebut bisa bertambah ke depannya sesuai kebutuhan pengerjaan. "Ada tujuh petak kemarin, tetapi nanti ada lagi," lanjut Agung.

BACA JUGA: 3 Ruas Tol Trans Jawa Tertua, Beroperasi Sejak 1980

Umumnya lokasi tujuh petak lahan sewa tersebut berada di titik strategis yang krusial untuk segera dilakukan penggarapan proyek. Seperti di lokasi sambungan antara lahan satu dengan bidang lainnya.

Hingga saat ini persentase lahan yang sudah dibebaskan di ruas tol Trihanggo-Junction Sleman di kawasan mencapai 69,08% dari total 398.978 meter persegi lahan yang dibutuhkan.

Adapun, luasan lahan yang sudah bebas mencakup 275.622 meter persegi. Sisanya, lahan seluas 123.356 meter persegi masih belum bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement