Advertisement

Pemancing Hilang Diduga Terseret Arus Kali Progo, Begini Kronologinya

Triyo Handoko
Kamis, 04 Januari 2024 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Pemancing Hilang Diduga Terseret Arus Kali Progo, Begini Kronologinya Suasana pencarian orang hilang saat mancing di selatan Jembatan Srandakan II dengan menyisir perairan Kali Progo, Rabu (4/1/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Seorang pemancing asal Kapanewon Lendah bernama Azlan Rhanmadika, 23, hilang diduga terseret arus Sungai Progo, Kamis (4/1/2023) siang WIB. Ratusan orang dari unsur Tim gabungan tersebut dari berbagai unsur seperti SAR Sigap Kulonprogo, Polsek Galur, TNI, hingga sukarelawan kebencanaan bersama-sama melakukan pencarian dengan menyisir aliran Progo dengan radius sejauh 1 kilometer.

Pencarian terhadap Azlan dilakukan sejak pukul 13.00 WIB dengan radius 1 kilometer di sekitar Jembatan Srandakan II.

Advertisement

Penyisiran darat dan air itu belum membuahkan hasil hingga Kamis sore. "Belum ditemukan petunjuk-petunjuk lain, operasi ini juga belum secara resmi diberlakukan, tapi bentuk respons cepat tanggap kecelakaan saja," kata Koordinator SAR Sigap Kulonprogo, Yohanes Sulis pada Kamis sore.

Belum resminya operasi penyisiran disebabkan belum adanya bukti kuat bahwa Azlan tenggelam di Kali Progo. "Sampai saat ini belum ada saksi mata atau bukti kuat anak tersebut tenggelam, tapi demikian kami sudah melakukan operasi penyisiran," kata Sulis.

Reaksi cepat operasi penyisiran, jelas Sulis, itu akan dilakukan hingga 17.00 WIB. "Kalau sudah resmi biasanya lima hari dilakukannya, karena belum resmi kami belum tahun nantinya. Kami juga masih menunggu arahan dan keterangan kuat lainnya," jelasnya.

Dalam penyisiran air, sambung Sulis, SAR Sigap menggunakan dua perahu karet. "Sementara ini kami mengerahkan dua perahu karet, tidak menutup kemungkinan dilakukan penambahan armada," tuturnya.

Saat penyisiran dilakukan, lanjut Sulis, cuaca kurang mendukung dimana terpantau di lokasi kejadian mendung gelap. "Kami juga sudah mengimbau seluruh personel untuk berhati-hati, agar tidak terjadi kejadian buruk yang tak diinginkan," ujarnya.

Hilangnya Azlan ini bermula saat seorang warga yang menemukan alat pancing, motor, hingga kaus berwarna biru di sisi selatan Jembatan Srandakan II pada Kamis pagi.

Warga yang kemudian mencari pemilik motor hingga alat pancing itu karena tak kunjung menemukannya maka melaporkannya ke Polsek Galur. Mendapati laporan tersebut, personel Polsek Galur langsung mendatangi lokasi kejadian.

BACA JUGA: DKP Kulonprogo Tegaskan Nila, Lele dan Tombro Tak Boleh Ditebar di Sungai, Program Jaga Kaliku Diteruskan

Saat pemeriksaan personel Polsek Galur tersebut ditemukan tas berisi kartu identitas dimana diketahui orang tersebut adalah Azlan. "Polsek Galur menemukan KTP dengan nama tersebut lalu mengidentifikasi alamatnya di Kapanewon Lendah, lalu berkoordinasi dengan Polsek Lendah," jelas Kasi Humas Polresta Kulonprogo Iptu Tritmi Noviartuti pada Kamis siang.

Novi menjelaskan personel Polsek Lendah lalu mengonfirmasi keberadaan Azlan oleh keluarganya di rumahnya. "Selanjutnya keterangan dari orang tuanya yang bersangkutan atas nama ibu Suwarni bahwa anaknya tersebut kemarin siang, Rabu [3/1/2024] sekitar pukul 13.00 WIB pamit memancing," ungkapnya.

Pihak keluarga, menurut Suwarni, sempat menghubungi Azlan pada Rabu sore. "Kemudian pada sore harinya dihubungi oleh keluarga melalui via Whatsapp tetapi tidak terhubung," terang Novi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Stok Darah PMI DIY Sabtu 6 Juli 2024

Stok Darah PMI DIY Sabtu 6 Juli 2024

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berkunjung ke Indonesia Paus Fransiskus Bakal Berpidato di Masjid Istiqlal, Ini Jadwal Lengkapnya

News
| Sabtu, 06 Juli 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement