Advertisement

Dukung Pelestarian Seni Tradisi, Relawan Prabowo-Gibran Pentaskan Jathilan di Kulonprogo

Triyo Handoko
Senin, 08 Januari 2024 - 21:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dukung Pelestarian Seni Tradisi, Relawan Prabowo-Gibran Pentaskan Jathilan di Kulonprogo Suasana pementasan jatilan oleh Relawan Prabowo-Gibran di i Lapangan Pendem, Kapanewon Pengasih pada Minggu (7/1 - 2023) kemarin. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Relawan Probowo-Gibran menggelar pentas jatilan di Lapangan Pendem, Kapanewon Pengasih pada Minggu (7/1/2023) kemarin. Pentas jatilan tersebut dimaksudkan untuk mengambil dukungan masyarakat Kulonprogo juga guna mendukung kesenian tradisional.

Pentas jatilan tersebut disuguhkan  Grup Manunggal Cipto. Dalam pentas tersebut terlihat masyarakat Kulonprogo antusias menikmati gelaran tradisional tersebut.

Advertisement

Caleg DPR RI dari PSI, Aishah Gray turut hadir dalam pentas jathilan tersebut. "Pementasan Jatilan ini diadakan sebagai bentuk nguri-uri kabudayaan, salah satu cara untuk melestarikan budaya ke generasi mendatang supaya jangan sampai hilang dari peradaban," jelas Aishah Gray.

Caleg DPR RI yang bertarung ke senayan dari Bumi Mataram ini menjelaskan UMKM di sekitar lokasi pentas juga turut mendapat berkahnya. “Masyarakat datang bersama keluarga, menikmati pementasan sambil jajan, jadi pedagang kecil dan UMKM di daerah sini juga dapat penghasilan tambahan," ungkapnya.

Baca Juga

Pakem Sleman Gelar Lomba Bregada dan Jatilan

Pesan Pemilu Damai, Jujur dan Adil Disuarakan Lewat Pentas Seni Jathilan

Seru! Mahasiswa Jepang Ikut Menari Jatilan bersama Warga di Kulonprogo

Aisha yang sebelumnya adalah seorang traveler dan pemandu acara televisi ini menilai jatilan juga bisa jadi daya tarik wisata untuk terus menggenjot perekonomian masyarakat. "Kesenian jatilan bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan, terutama di wilayah DIY," terangnya.

Selain berpotensi ekonomi, seni tradisi jatilan juga sarat akan nilai luhur budaya yang penting untuk terus dilestarikan. "Cerita yang disuguhkan memiliki makna budaya yang dalam. Para relawan pasangan Capres dan Cawapres Gibran berharap generasi muda semakin mengenal kesenian lokal daerahnya dan tidak melupakan seni tradisional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korban Tewas Akibat Baniir dan Longsor di Kabupaten Luwu Jadi 14 Orang

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement