Advertisement

Kaesang Bertemu Sultan di Kompleks Kepatihan, Ini Pembicaraan Keduanya

Yosef Leon
Minggu, 14 Januari 2024 - 11:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kaesang Bertemu Sultan di Kompleks Kepatihan, Ini Pembicaraan Keduanya Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berkunjung ke komplek Kepatihan untuk bertemu dengan Gubernur DIY, Minggu (14/1/2024). Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melakukan pertemuan tertutup bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Jogja, Minggu (14/1/2023) pagi. 

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama satu jam itu tertutup bagi awak media. Selepas bertemu Sultan, Kaesang tidak menerima wawancara dari para jurnalis. Dirinya langsung melanjutkan kunjungan ke sejumlah tempat di Jogja. 

Advertisement

Kaesang tiba di Kompleks Kepatihan sekitar pukul 09.00 WIB didampingi istrinya Erina Erina Sofia Gudono. Sekda DIY Beny Suharsono yang menyambut putera bungsu Presiden Joko Widodo itu langsung mengantarkannya ke ruang kerja Gubernur DIY. 

Beny menyatakan kedatangan Kaesang untuk bertemu dengan Sri Sultan merupakan ajang silaturahmi. Keduanya banyak berbicara tentang situasi terkini kenegaraan. Selain itu pembicaraan juga berlangsung santai, dialog antara Sultan dan Ketua Umum PSI itu. 

"Kedatangannya silaturahmi sebagai generasi muda ya tentu ingin dialog, setelah itu bicara situasi kekinian yang terjadi, intinya dialog kekeluargaan dia kan dari Solo yang harus ke Jogja dan ssbagainya," kata Beny.

Baca Juga

Politikus Muda PSI, Raden Stevanus: Semua Pihak Harus Menghargai Keistimewaan DIY

Bikin Heboh! Kaesang Mengaku Siap Jadi Gubernur Jawa Tengah

Kaesang Safari Politik di Sumatera untuk Memenangkan Prabowo-Gibran

Beny menyebut pembicaraan antara Sultan dan Kaesang sama sekali tidak menyinggung soal pernyataan Ade Armando yang beberapa waktu lalu viral lantaran melontarkan kata-kata tentang politik dinasti di DIY. 

"Mboten, itu kan sudah berlalu mestinya. Sudah selesai, Ade Armando sudah selesai, Mas Kaesang intinya ya dialog kenegaraan. Ya karena generasi muda jadi dialognya ala generasi muda. Tidak terkait dengan situasi yang kemarin muncul misalnya dengan masalah di Jogja, itu sudah selesai," ujarnya. 

Permintaan maaf soal pernyataan Ade Armando tersebut, kata Beny, sebelumnya sudah disampaikan oleh Sekjen PSI Raja Juli saat bertemu dengan Sultan dalam agenda MoU pensertifikatan Sultan Ground beberapa waktu lalu. "Permintaan maaf, kan sudah dilakukan oleh Pak Sekjen, sudah menyampaikan ke situ," katanya. 

Beny menambahkan, ada pembicaraan yang menarik antara Sultan dengan Kaesang dalam pertemuan singkat tersebut. Kaesang, kata dia, banyak menerima masukan dari Sultan soal masalah kebangsaan.   

"Menurut saya yang menarik dari dialog itu karena beliau pemimpin muda ingin mendapatkan banyak masukan bagi kemanfaatan negara ke depan. Sultan kan juga pernah memimpin hal yang sama dulu, bahkan 3 periode sehingga pelan-pelan itu disampaikan ke Mas Kaesang," katanya. 

Beny juga menyebut alasan pertemuan tidak digelar di Kraton Yogyakarta lantaran berlangsung tidak pada hari kerja. Sultan, kata dia menerima Kaesang dengan status sebagai Gubernur DIY. 

"Pertemuannya kan beliau selaku Gubernur dan tamu-tamu kan sudah terbiasa diterimanya di sini. Hanya istri saja yang mendampingi dan tidak beratribut apapun, tapi kan Pak Sultan siapapun yang mau bertemu beliau dengan senang hati diterima," kata Beny. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement