Advertisement

Anggota Lembaga Ombudsman DIY Periode 2024-2028 Dilantik, Ini yang Diharapkan Sultan

Yosef Leon
Senin, 22 Januari 2024 - 15:37 WIB
Ujang Hasanudin
Anggota Lembaga Ombudsman  DIY Periode 2024-2028 Dilantik,  Ini yang Diharapkan Sultan Suasana pelantikan LO DIY periode 2024-2028 oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (22/1 - 2024). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik penerus Lembaga Ombusdman (LO) DIY periode 2024-2028, Senin (22/1/2024) di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan. Dalam amanatnya Sultan meminta anggota LO DIY ikut mengawal pelayanan publik di kalurahan. 

Sultan menyebut, sebagaimana tugas dan fungsinya, LO DIY diharap dapat terjun di tingkat kalurahan, mengawasi pelaksanaan pelayanan publik. Dalam hal ini tidak hanya mendorong terbangunnya akuntabilitas selaras dengan birokrasi kalurahan DIY yang telah dilaksanakan, pun menumbuhkan demokratisasi yang lebih baik di level kalurahan.

Advertisement

“Penanganan pengaduan yang efektif adalah kunci untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Complaint management adalah strategi untuk menciptakan tatanan keadilan sosial sebuah negara, dimana warga menjadi kian berdaya, dengan diiringi layanan publik pemerintah, yang bekerja dalam pilar-pilar akuntabilitas," jelasnya. 

Sultan menambahkan, tanggung jawab negara dalam menjamin warga agar bisa terlayani dapat dijadikan sebagai titik awal, mengapa pelayanan publik harus senantiasa dijaga dan diawasi. Pekerjaan melayani publik adalah pekerjaan yang harus dilakoni dengan hati nurani dan tanggung jawab tinggi. 

LO DIY, kata Sultan juga perlu memberikan perhatian lebih spesifik pada berbagai masalah yang kerap terjadi berulang, seperti zonasi penerimaan siswa baru, kekerasan terhadap anak serta bullying di sekolah. Selain itu, masalah pertanahan, ketenagakerjaan, dan permasalahan bisnis properti juga berpotensi menjadi tantangan ke depan.

“Jajaran Lembaga Ombudsman DIY yang dikukuhkan pada hari ini, saya minta untuk mencermati tata kelola kasus dan solusi yang telah dilakukan pengurus periode sebelumnya. Jadikan rekaman itu sebagai bahan pertimbangan apabila menemui kasus yang sama,” kata Sri Sultan.

BACA JUGA: Apa Kabar Tren Rumah Bersubsidi? LOD DIY Sebut Tak Ada Laporan Perkara sejak 2021

Pengukuhan LO DIY periode 2024-2028 itu dilaksanakan berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor 25/KEP/2024 tentang Penetapan Anggota Lembaga Ombudsman Darah Istimewa Yogyakarta Masa Jabatan Tahun 2024 – 2028. Tujuh orang anggota yang dikukuhkan diantaranya Arif Hartono, Abdullah Abidin, Yusticia Eka Noor Ida, Siwi Dwi Lestari Dian Kustanti, Yunita Anggarini, Mohd Sulthoni, dan Mochammad Sidiq Fathonni. 

Yusticia Eka Noor Ida yang kembali menjadi anggota LO DIY periode 2024 – 2028 mengatakan, sektor yang masih menjadi pekerjaan rumah di periode sebelumnya adalah terkait aduan dari publik yakni sektor swasta. Komposisi aduan yang masuk di LO DIY didominasi sektor swasta dengan hampir 60%, sementara 40% sisanya dari sektor aparatur pemerintahan.

“Kalau yang bidang aparatur pemerintahan kurang lebih 40% dan ini pun bukan pelanggaran-pelanggaran yang sifatnya maladministrasi. Tetapi lebih kepada barangkali informasi tentang aturan belum sampai ke masyarakat atau kemudian memang masyarakat sendiri yang kurang informasi terhadap aturan yang sudah ada,” ujar Ida.

Ida menyebutkan bahwa merujuk Peraturan Gubernur DIY No. 72/2022, kelurahan juga merupakan bagian dari pemerintahan yang menjadi pengawasan pihaknya yang tentu akan turut dicermati. Upaya yang akan dilaksanakan yakni dengan membuat forum dengan mengumpulkan kepala-kepala kelurahan beserta lembaganya.

“Nanti kita akan membuat semacam forum bersama untuk nanti kemudian kita sosialisasikan yang pertama tentu saja tugas tupoksi kami. Nanti kemudian kita masuk ke dalam substansi pembicaraan seperti itu bagaimana kemudian kita bersama-sama agar village driven development ini, apa yang dikehendaki Ngarsa Dalem bisa betul-betul dilaksanakan,” jelas Ida. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh

News
| Senin, 29 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement