Advertisement

Menanam Mata Air Masa Depan

Media Digital
Selasa, 23 Januari 2024 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Menanam Mata Air Masa Depan Penanaman pohon di SDN 1 Balangan, Sidorejo, Sendang Rejo, Minggir, Sleman, Rabu (22/3 - 2023).

Advertisement

SLEMAN—Keberlangsungan hidup manusia selaras dengan terjaganya mata air di Bumi. Agar mata air terjaga, salah satu caranya dengan menanam pohon di sekitarnya. Upaya menjaga sumber mata air sebagai pusat kehidupan yang terus PDAM Sleman lakukan sejak 2017.

Melalui alokasi dana corporate social responsibility (CSR), PDAM Sleman berkomitmen memberi kebermanfaatan pada lingkungan, baik dengan menanam pohon konservasi maupun bagian dari dukungan pada tim pengendalian inflasi daerah (TPID). Direktur PDAM Sleman, Dwi Nurwata, mengatakan penanaman pohon untuk konservasi pada 2023 mencapai 2.000 bibit.

Advertisement

Di samping menanam pohon di berbagai tempat sekitar mata air, PDAM Sleman juga bekerja sama dengan dinas lingkungan hidup untuk menyasar penanaman sesuai kebutuhan lingkungan. “Kami konsen dan punya komitmen memberikan CSR, yang diarahkan pada kemanfaatan pengelolaan air. Dalam rangka konservasi, upaya ini agar air terjaga dengan baik,” kata Dwi saat ditemui di Kantor PDAM Sleman, Sleman, Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA: Potensi Hujan Lebat Masih Besar hingga Tiga Hari ke Depan, Ini Sebarannya di DIY

Sementara penanaman pohon yang berkaitan dengan TPID, jenisnya merupakan pohon berbuah atau pangan, yang bisa memperkuat ketahanan pangan di Sleman. Tahun 2023, penanaman bersama Bupati Sleman, Bank Indonesia, dan instansi lain berlangsung di Turi, Sleman.  

Dengan jumlah sekitar 1.000 pohon, penanaman pohon dalam dukungan pada TPID juga sebagai cara edukasi pada masyarakat. Penanaman melibatkan forum pelanggan PDAM Sleman. “Penyaluran CSR penanaman pohon juga dalam rangka edukasi, alam ini ketika kita tidak peduli, akan berakibat kurang baik. Kami ajak semua masyarakat untuk bersama-sama ambil bagian dari kewajiban kita semua, untuk menanam pohon serta menjaga mata air,” katanya.

Semua upaya ini bermuara pada tujuan panjang untuk menjaga mata air, memenuhi kebutuhan air, hingga menjaga kuantitas maupun kualitas air. “Mungkin manfaat penanaman pohon tidak terasa dalam waktu dekat, namun dalam jangka panjang. Yang pasti, perlu dimulai dari hari ini,” kata Dwi.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan setiap lapisan masyarakat memiliki peran masing-masing dalam menjaga sumber, kualitas, dan kuantitas air. Termasuk PDAM Sleman sebagai penyedia layanan air di wilayah sembada ini. Peran mulia yang perlu konsisten dan meningkat terus ke depannya.

“Kewajiban ini menuntut PDAM untuk turut berperan serta dalam melindungi sumber-sumber air. PDAM memiliki peran strategis untuk mengelola air minum menyelaraskan fungsi sosial, lingkungan hidup, dan ekonomi berdasarkan asas keserasian dan kemandirian,” katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement