Advertisement

Bentuk Wirausaha Baru, Dinkop UKM DIY Kuatkan Saka Rintisan Wirausaha Kwarda Pramuka DIY

Yosef Leon
Kamis, 25 Januari 2024 - 10:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bentuk Wirausaha Baru, Dinkop UKM DIY Kuatkan Saka Rintisan Wirausaha Kwarda Pramuka DIY Suasana pembinaan dan penguatan saka wirausaha Kwarda Pramuka DIY yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM DIY, Kamis (25/1/2024). Harian Jogja - Yosep Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi UKM DIY menguatkan satuan karya (saka) rintisan wirausaha kwartir daerah (kwarda) Pramuka DIY yang diresmikan pertengahan tahun lalu. Penguatan dilakukan dengan menyelenggarakan pendidikan inkubasi bisnis, Kamis (25/1/2024) yang diikuti oleh Dinkop dan kwarcab Pramuka kabupaten kota. 

Kepala Dinas Koperasi UKM DIY Sri Nurkyatsiwi mengatakan program saka kewirausahaan kwarda Pramuka DIY dibentuk bukan tiba-tiba dan berangkat dari kebutuhan Pemda DIY untuk menindaklanjuti instruksi pusat soal pembentukan minat wirausaha sejak dini. 

Advertisement

"Maka untuk merangsang ekosistem wirausaha baru, kami berkomitmen membentuk saka wirausaha. Ini tidak tiba-tiba ya dan tidak hanya di Pramuka saja kita juga kolaborasi dan inovasi dengan semua elemen," kata Siwi. 

Saka wirausaha dibentuk Dinkop UKM DIY pada 15 Juli 2023 lalu. Program ini mengimplemetasikan nilai-nilai yang ada pada gerakan Pramuka dan kemudian dikolaborasikan dengan kurikulum tertentu untuk menumbuhkan minat wirausaha kepada kader Pramuka di wilayah setempat. 

Baca Juga

Berani Buka Usaha Sejak Dini, Puluhan Pelajar SMK DIY Peroleh Penghargaan

Anggota Pramuka di DIY Dilatih Berbisnis Lewat Saka Wirausaha

Keren .. Remaja Dari Jogja Ini Sabet Penghargaan Khusus Wirausaha Muda Mandiri 2018

"Harapannya ada akselerasi tapi kan tidak bisa tiba-tiba, butuh proses dan komitmen ini lah yang kita lakukan melalui beberapa kegiatan salah satunya inkubasi bisnis hari ini," ujar Siwi. 

Siwi menerangkan pada kegiatan ini sebanyak 50 peserta pimsaka diberikan penyegaran tentang urgensi kehadiran saka wirausaha dalam meningkatkan rasio kewirausahaan khususnya untuk antisipasi bonus demografi di tahun 2045. Pasalnya provinsi DIY sekarang menempati urutan ke 8 dari target rasio kewirausahaan nasional. 

"Kami sudah susun kurikulum dan petunjuk pelaksanaan dengan harapan bisa menjadi panduan bagi banyak pihak di lapangan. Program ini kita gelar di awal tahun juga bertujuan agar lebih optimal ke depan pendampingannya dan ketika dievaluasi kesempatan kita banyak," kata Siwi. 

Sekretaris Kwarda Pramuka DIY Sri Budoyo menyebut, pembentukan saka rintisan wirausaha ini butuh peran aktif banyak pihak untuk bisa menumbuhkembangkan minat wirausaha di kalangan kader Pramuka. "Di DIY kita mulai lewat satuan karya wirausaha berupa pembinaan jadi peserta didik bisa sejak dini menumbuhkan minat wirausaha," kata Sri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong

News
| Senin, 29 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement