Advertisement

Dua Ekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Gunungkidul

Triyo Handoko
Minggu, 28 Januari 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Dua Ekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Gunungkidul Penampakan penyu mati yang hendak dikuburkan di pinggir Pantai Indrayanti oleh Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Pantai Baron, Sabtu (27/1 - 2023). Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua ekor penyu mati di dua pantai berbeda di Gunungkidul, Sabtu (27/1/2023). Satu penyu mati di Pantai Krakal, satu lagi di Pantai Pulang Sawal atau yang banyak dikenal Indrayanti.

Matinya dua penyu itu pertama kali ditemukan oleh petugas Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Pantai Baron, Gunungkidul. Petugas yang menemukan penyu mati itu awalnya berpatroli pada Sabtu pagi, lalu menemukan hewan yang sudah ada sejak Zaman Kapur itu.

Advertisement

Ukuran penyu yang mati itu juga cukup besar, sekitar panjangnya 25 centimeter dengan lebar 15 centimeter. Berat masing-masing penyu yang mati itu ditaksir 20 kilogram.

Tak diketahui secara pasti sebab kematian dua penyu itu. Namun, Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto menyebut kemungkinan karena diburu nelayan amat sangat kecil. "Sebagian besar nelayan, sudah tidak lagi berani menangkap penyu," katanya, Minggu (28/1/2023).

BACA JUGA: Penyu Besar Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Penyu sendiri adalah hewan yang tergolong dilindungi dan tidak diperkenankan untuk diburu. "Sebagian besar warga, terutama nelayan sudah tahu penyu hewan dilindungi jadi tidak karena nelayan kematiannya," ungkapnya.

Nelayan di pesisir Gunungkidul yang sudah paham dan tak menangkap penyu itu juga dikonfirmasi Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron Marjono. "Sudah sejak lama ketika ada larangan berikut sosialisasinya, sudah tidak ada lagi yang menangkap penyu," ujarnya.

Marjono menyebut beberapa kasus penemuan penut mati di pinggir pantai juga dilaporkan oleh warga dan nelayan sekitar. "Hampir semuanya warga di sini kalau ada penyu mati langsung melaporkannya, mereka sudah cukup paham penyu ini dilindungi," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement