Advertisement

Berangkat Mei 2024, Begini Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji di Sleman

David Kurniawan
Selasa, 20 Februari 2024 - 20:27 WIB
Sunartono
Berangkat Mei 2024, Begini Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji di Sleman Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kantor Kementerian Agam Sleman memastikan pemberangakatan jamaah haji mulai 13 Mei 2024. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan dari sekarang agar proses perjalanan ibadan dapat berjalan dengan lancar.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Kemenang Sleman, Noor Imanah mengatakan, ada beberapa persiapan yang dilakukan mulai dari biaya perjalanan ibadah, akomodasi perjalanan, Kesehatan hingga kesiapan fisik calon jamaah. Selain kegiatan biaya  pelunasan untuk saat ini juga berlangsung kesiapan akomodasi perjalanan.

Advertisement

Menurut dia, kesiapan akomodasi dilakukan mulai dari kepmilikan paspor dan pengurusan visa. Untuk paspor sudah ada kerja sama dengan Kantor Imigrasi guna proses pembuatan secara kolektif.

BACA JUGA : Ratusan Calon Haji Sleman Belum Lunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Adapun untuk visa, ada ketentuan khusus dari Pemerintah Saudi Arabia. Yakni, setiap calon jamaah harus mengurus bio visa dengan melakukan perekaman biometric.

“Perekaman masih dalam proses dan setiap hari ada kuota 50 orang. Hingga sekarang yang sudah menyelesaikan ada 80% dari total calon haji diberangkatkan tahun ini,” katanya, Selasa (20/2/2024).

Selain akomodasi, juga ada kesiapan Kesehatan dengan melaksanakan vaksin meningitis. Hanya saja, sambung Noor, pelaksanaan masih harus dikoordinasikan dengan dinas Kesehatan. “Nanti ada jadwalnya dan baru akan dikoordinasikan dengan dinas Kesehatan,” katanya.

Selain itu, juga ada kesiapan fisik dengan penyelenggaraan manasik. Rencananya manasik digelar enam kali di Tingkat kapanewon dan dua kali di Tingkat kabupaten.

“Manasik mungkin bisa dimulai di akhir Maret mendatang. Yang jelas, kami sudah agendakan agar calon haji benar-benar siap dari sisi akomodasi, Kesehatan maupun fisiknya,” kata Noor.

Kepala Kemenang Sleman, Sidik Pramono mengatakan, total jamaah yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 1.133 orang. Adapun saat ini masih dibuka proses pelunasan biaya haji. Dia mengimbau calon jamaah yang belum membayar segera melunasinnya. “Masih ada waktu hingga 23 Februari 2024,” katanya.

BACA JUGA : Baru 131 Calhaj di Gunungkidul Miliki Paspor Siap Visa

Sidik berharap proses persiapan penyelenggaran ibadah haji dapat berjalan dengan lancar sehingga seluruh jamaah dapat berangkat sesuai dengan jadwalnya. “Mudah-mudahan semua diberikan kelancaran, Kesehatan dan keselamatan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement