Advertisement

Pengembang Sebut 13 Km Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Dibuka Saat Lebaran

Catur Dwi Janati
Selasa, 20 Februari 2024 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Pengembang Sebut 13 Km Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Dibuka Saat Lebaran Ilustrasi jalur fungsional Tol Solo-Jogja di Boyolali, Jawa Tengah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pengembang Tol Jogja-Solo menargetkan adanya tambahan ruas jalur fungsional yang bisa dibuka saat Lebaran 2024 mendatang.  

Pada momen libur Natal dan Tahun Baru lalu, jalur fungsional Tol Jogja-Solo dibuka sepanjang 13 kilometer. Jalur fungsional yang membentang dari Kartasura, Sukoharjo sampai Karanganom, Klaten tesebut tercatat dilewati 107.321 kendaraan saat dibuka selama 10 hari. 

Advertisement

Sementara pada momen Lebaran nanti, Manajer Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jasiman mengungkapkan pihak pengembang tol menargetkan adanya tambahan jalur fungsional sepanjang 10-13 kilometer.

Dengan jalur fungsional yang sudah ada, pemudik bisa melewati jalur tol sampai 23-25 kilometer dari titik masuk Kartasura. "Target kami untuk Lebaran itu sekitar 23-25 kilometer," tegasnya pada Selasa (20/2/2024).

Setidaknya tambahan jalur fungsional tersebut nantinya diharapkan telah digarap secara rigid pavement. Rigid pavement atau perkerasan beton semen merupakan metode yang kerap dipakai di berbagai ruas jalan tol di Indonesia.

"Untuk target kami sampai dengan 23-25 kilometer itu mudah-mudahan sudah di-rigid [pavement] semua ya. Mudah-mudahan target kami seperti itu tidak ada halangan," ungkapnya. 

Tambahan jalur fungsional sepanjang 10-13 kilometer tersebut nantinya membuat pengendara tidak hanya sampai di wilayah Karanganom, melainkan diestimasi sampai di Klaten bagian wilayah kota. "Mudah-mudahan bisa tembus sampai ke [Klaten] kota. Kalau pun belum mungkin sebelum Klaten kota," tandasnya. 

BACA JUGA: Proses Masih di Panitikismo, Pengembang Tol Jogja-Solo Tak Bisa Asal Terabas Makam

Lebih lanjut Rachmat berharap sepekan sebelum lebaran, target 10-13 kilometer tambahan jalan tol tersebut bisa tercapai. "Mudah-mudahan sebelum lebaran atau H-7 bisa selesai," ujarnya. 

Meski masih acap kali terjadi hujan, Rachmat menegaskan aktivitas pengerjaan proyek tol masih terus berlangsung. Pihak pengembang tol berusaha secepat mungkin untuk menyelesaikan target tesebut. 

Harapannya tambahan jalur fungsional tersebut dapat membantu para pemudik pada momen lebaran. "Iya betul [membantu pemudik]," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapolri Bentuk Direktorat Reserse Siber, Ini Daftar Pejabat Dilantik

News
| Minggu, 22 September 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement