Advertisement

Rest Area Direncanakan Dibangun di Dua Exit Tol Jogja Solo di Kulonprogo, Begini Desainnya

Triyo Handoko
Rabu, 21 Februari 2024 - 18:07 WIB
Ujang Hasanudin
Rest Area Direncanakan Dibangun di Dua Exit Tol Jogja Solo di Kulonprogo, Begini Desainnya Kontraktor penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman Sleman melakukan tahapan continue clearing area dan pembuatan akses pengganti STA 56450 s/d STA 56525. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kehadiran tol Jogja-Solo yang meintasi sampai Kulonprogo, dipersiapkan Pemkab dengan merencanakan pembangunan rest area di exit tol. Rencananya ada dua rest area di exit tol yang berada di Bumi Binangun.

Pemkab Kulonprogo bahkan memiliki dua desain exit tol untuk menunjang pembangunan kawasan berkat kehadiran jalan tol tersebut. Dua desain exit tol ini terus dibahas dan disempurnakan.

Advertisement

Terbaru, Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti melakukan pembahasan desain exit tol tersebut dengan Bappeda pada Selasa (20/2/2024) kemarin. "Masih terus kami bahas untuk kami sampaikan ke Pemda DIY, karena keputusannya kan bersama tidak kami sendiri," kata Ni Made, Rabu (21/2/2024).

Ni Made menjelaskan dua rest area yang diusulkan dibangun tersebut berada di Kapanewon Sentolo dan Temon. "Di Sentolo di Kalurahan Kaliagung, di Temon di dekat Bandara YIA," ujarnya.

Exit tol di Bumi Binangun sendiri direncanakan di tiga titik. "Yang satu di Wates tidak kami rencanakan untuk dibangun rest area, karena tidak memungkinkan," tuturnya.

BACA JUGA: Hampir Tembus 70 Persen, Begini Progres Pembebasan Lahan Tol Jogja Solo YIA Kulonprogo

Selain itu, exit tol di Kapanewon Wates juga berdekatan dengan Taman Budaya Kulonprogo. "Nanti kami maksimalkan saja Taman Budaya itu agar dapat mendukung pembangunan kawasan dan mengait pertumbuhan ekonominya," terangnya.

Sejauh ini Pemkab Kulonprogo, sambung Ni Made, terus berkooridnasi dengan Pemda DIY dan Kementerian PUPR untuk menyiapkan tol Jogja-Solo, ruas Kulonprogo. "Pembebasan lahan belum dilakukan, masih kooridnasi dengan berbagai pihak," katanya.

Perencanaan pembangunan rest area di exit tol, jelas Ni Made, terutama untuk memastikan kehadiran tol di Bumi Binangun menggerakan perekonomian wilayah. "Agar perekonomian tumbuh, terutama UMKM dapat meningkatkan ekonominya berkat tol ini," ungkapnya.

Kehadiran tol di Kulonprogo, menurut Ni Made, jangan sampai hanya untuk lewat saja melainkan para penggunanya juga dapat meningkatkan perekonomian Bumi Binangun. "Jangan sampai hanya jadi tempat lewat, makanya kami desain rest area dan exit tol yang benar-benar memungkinkan adanya pergerakan ekonomi di sekitar tol, untuk kepentingan masyarakat luas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement