Advertisement

Bawaslu DIY Waspadai Potensi Kerawan di TPS PSU dan PSL

Yosef Leon
Jum'at, 23 Februari 2024 - 23:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Bawaslu DIY Waspadai Potensi Kerawan di TPS PSU dan PSL Pemungutan Suara / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bawaslu  DIY mengaku akan berkoordinasi dengan petugas keamanan untuk mengantisipasi kerawanan yang muncul di tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL). 

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu DIY Umi Illiyina mengatakan PSU dan PSL akan dilaksanakan serentak pada Sabtu 24 Februari besok di DIY. Total ada 21 TPS yang akan melaksanakan PSU dan lima di antaranya PSL.

Advertisement

Rinciannya untuk PSU yang di Bantul ada di TPS 69 Desa Banguntapan surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 34 Tamanan surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 16 Srimulyo surat suara DPD RI, TPS 9 Srimartani surat suara presiden dan wakil presiden, DPD RI dan DPR RI dan TPS 3 Tirtonirmolo surat suara DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. 

Kemudian PSU yang ada di Sleman yakni TPS 12 Tegaltirto surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 29 Tegaltirto surat suara DPRD Provinsi, TPS 26 Sidoarum surat suara DPD RI, DPR RI dan DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten, TPS 18 Sidoagung surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 1 Tirtomartani surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 2 Tirtomartani surat suara presiden dan wakil presiden. 

Baca Juga

Pengawasan Tak Optimal, Bawaslu DIY Didemo dan Dihadiahi Kerupuk Melempem

Bawaslu DIY Temukan Banyak TPS Kekurangan Surat Suara di Gunungkidul

Bawaslu DIY Waspadai Netralitas Pengawas TPS di Pemilu 2024

Selanjutnya TPS 26 Tridadi surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 126 Caturtunggal surat suara presiden dan wakil presiden, TPS 125 Condongcatur surat suara presiden dan wakil presiden, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten. 

Sementara yang PSL di Sleman ada di TPS 1 Tirtomartani surat suara DPRD kabupaten, TPS 16 Tirtomartani surat suara DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten, TPS 29 Tirtomartani surat suara DPRD kabupaten, TPS 32 Tirtomartani surat suara DPRD Provinsi serta TPS 125 Condongcatur surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten.  "Untuk Kota Jogja ada tiga TPS dua di TPS Khusus Wirogunan dan satu lagi di TPS Wirobrajan," jelasnya. 

Ummi menjelaskan pihaknya sudah memastikan tempat dan logistik TPS yang melaksanakan PSU dan PSL siap digunakan pada pencoblosan besok. Menurutnya tidak ada perubahan soal penambahan dan pengurangan TPS yang akan melaksanakan pencoblosan ulang itu. 

"Maksimalnya 10 hari setelah Pemilu tapi ada catatan ketika nanti saran dan perbaikan oleh Bawaslu tidak ditindaklanjuti itu ada kita menindaklanjuti 7 hari untuk melakukan penanganan terkait dengan yang tidak direkomendasikan, tapi sampai hari ini semua yang kami rekomendasikan dilaksanakan oleh KPU," jelasnya. 

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan petugas keamanan untuk memperkuat pengawasan agar tidak ada lagi potensi kejadian yang membuat PSU dan PSL ke depannya. Sebab sesuai ketentuan PSU dan PSL hanya bisa dilaksanakan sekali akibat keterbatasan surat suara. 

"Kami berharap besok PSU dan PSL berjalan dengan aman lancar ga ada lagi intervensi atau tekanan dari pemilih yang tidak terdaftar, jadi kita berharap DIY aman-aman saja," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement