Advertisement

Bertemu Sultan, Kepala BBWSSO Diminta Tingkatkan Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih di DIY

Yosef Leon
Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Bertemu Sultan, Kepala BBWSSO Diminta Tingkatkan Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih di DIY Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Gatut Bayuadji (kanan) saat bertemu Gubernur DIy Sri Sultan hamengku Buwono X di Kompleks Kepatihan, Kamis (22/2/2024). - youtobe Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Gatut Bayuadji di Kompleks Kepatihan. Dalam pertemuan tersebut, Sultan meminta agar pemenuhan kebutuhan air bersih di DIY terus ditingkatkan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gatut Bayuadji usai pertemuan dengan Sri Sultan di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan. Gatut mengatakan, pada tahun 2024 BBWSSO akan melaksanakan program pengendalian sungai Opak, serta program kegiatan yang mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air di DIY.

Advertisement

“Kami di tahun 2024 ini ada pengendalian sungai Opak, kemudian juga ada kegiatan yang mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air di DIY. Kami juga diminta Sri Sultan untuk meningkatkan kebutuhan air bersih di DIY,” kata Gatut, Sabtu (24/2/2024). 

Dia menyebut, kesiapan sudah dioptimalkan untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada di DIY. Tidak hanya terkait dengan kebutuhan air bersih, tetapi juga mengenai permasalahan banjir di DIY. “Kami akan melihat dan mengkaji terkait dengan potensi-potensi itu, termasuk masalah banjir di sungai Opak yang perlu dikaji lebih dalam,” ujarnya.

BACA JUGA: Apa Kabar Revitalisasi Sumber Bribin 2? Begini Penjelasan BBWSSO

Dalam pertemuan itu, Gatut turut menyampaikan usulan-usulan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Salah satunya yaitu terkait dengan program pembangunan Groundsill di sungai Opak. Pembangunan Groundsill ini bertujuan untuk mempertahankan dasar sungai agar tidak terjadi penurunan serta berfungsi untuk menahan besarnya arus sungai dan banjir.

“Kami juga menyampaikan usulan-usulan atau program di 2025 yang akan dilakukan, diantaranya terkait dengan groundsill di sungai Opak dan lain-lain,” kata Gatut.

Gatut pun menambahkan, BBWSSO akan menindaklanjuti lebih detail secara teknis dengan Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY. Hal tersebut agar dapat menyelesaikan terkait dengan bagaimana kita menghadapi berbagai masalah yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement