Advertisement

BKKBN Latih 5.556 Kader sebagai Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting di DIY

Media Digital
Senin, 26 Februari 2024 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
BKKBN Latih 5.556 Kader sebagai Upaya Pencegahan dan Penurunan Stunting di DIY Kepala Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, Dra. Andi Ritamariani, M.Pd didampingi sejumlah pihak melakukan kick off Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK), Senin (26/2 - 2024). Istimewa

Advertisement

JOGJA—Kepala Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta, Dra. Andi Ritamariani, M.Pd didampingi oleh Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, Wildan Solichin, S.IP, MT., Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Muhammad Daroji, S.KM, MPH, serta Panewu Berbah, Tri Ahmariyadi, S.P., M.Si. bertempat di Balai Kelurahan Kalurahan Tegaltirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman melakukan kick off Orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK), Senin (26/2/2024).

Orientasi TPK ini akan dilaksanakan sebanyak 111 angkatan dan diikuti oleh 5.556 orang kader TPK yang tersebar diseluruh kabupaten/kota di DIY. Orientasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan TPK dalam melaksanakan tugas dan peran pendampingan kepada keluarga beresiko stunting. Tim Pendamping Keluarga (TPK) ini terdiri dari tiga komponen yaitu bidan, kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) serta kader Keluarga Berencana (KB). Pembentukan TPK ini sejalan dengan Peraturan Presiden RI No. 72/2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, di mana salah satu prioritas kegiatan yang termuat dalam Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting (RAN PASTI) adalah pelaksanaan pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon Pasangan Usia Subur (PUS) dan surveilans keluarga berisiko stunting.

Advertisement

TPK menjadi salah satu strategi percepatan penurunan stunting dengan menggunakan pendekatan keluarga melalui pendampingan keluarga beresiko stunting untuk mencapai target sasaran, yakni calon pengantin (catin)/calon pasangan usia subur (PUS), ibu hamil dan menyusui sampai dengan paska salin, dan anak 0 - 59 bulan.

Dalam kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN DIY menyampaikan terima kasih kepada kader TPK atas dukungannya dalam upaya penurunan stunting dan berharap orientasi ini dapat memudahkan kader saat menjalankan tugas di lapangan. “Melalui orientasi ini harapannya dapat memudahkan kader dalam melaksanakan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat dalam upaya menurunkan dan mencegah stunting,” imbuhnya.

Setelah mengikuti kegiatan orientasi diharapkan TPK dapat melaksanakan Mekanisme Alur Pendampingan Tim Pendamping Keluarga, terampil dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data Sasaran Keluarga Berisiko Stunting serta terampil dalam menggunakan Aplikasi ELSIMIL untuk mendukung Program Percepatan Penurunan Stunting pada wilayah kerjanya.

Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada periode 2018-2022, prevalensi stunting di DIY terus menurun dari 21,46% menjadi 16,4%. Orientasi ini diharapkan dapat mendukung terwujudnya target prevalensi stunting pada RPJMN 2020-2024 mencapai 14%. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement