Advertisement

KPU DIY Sebut Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Digelar Awal Bulan Depan

Yosef Leon
Selasa, 27 Februari 2024 - 17:47 WIB
Arief Junianto
KPU DIY Sebut Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Provinsi Digelar Awal Bulan Depan Ilustrasi pemungutan suara. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—KPU DIY menargetkan rekapitulasi perhitungan suara hasil Pemilu 2024 bisa dilaksanakan pada awal Maret 2024 pada 3 atau 4 Maret mendatang. Saat ini, tahapan rekapitulasi suara sudah sampai ke tingkat kabupaten dan kota di wilayah setempat. 

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU DIY, Tri Mulatsih menjelaskan hari ini rekapitulasi suara Pemilu 2024 sudah mulai dilaksanakan di Gunungkidul dan Kulonprogo. "Selanjutnya besok yang tiga kabupaten/kota mulai rekapitulasi tanggal 28 untuk Sleman, Bantul dan Kota Jogja," jelasnya, Selasa (27/2/2024). 

Advertisement

Rekapitulasi suara tingkat kabupaten dilakukan setelah sebelumnya panitia pemungutan suara (PPS) mengirimkan hasil rekapitulasi dari semua kecamatan di wilayah masing-masing. Setelahnya lima surat suara di Pemilu 2024 akan dihitung dalam rapat pleno. "Petugas KPU kabupaten juga akan mencocokkan datanya dengan yang ada di Sirekap," katanya. 

Tri menjelaskan, rekapitulasi suara di tingkat kabupaten kota sudah menyertakan hasil perhitungan pada TPS yang sebelumnya menyelenggarakan PSU dan PSL. Disebutkannya partisipasi pemilih pada PSU dan PSL yang digelar pada akhir pekan lalu menurun akibat berbagai faktor. 

"Kalau sekitar dua atau tiga hari ke depan sudah terlihat hasilnya misalnya untuk yang Gunungkidul dan Kulonprogo tetapi baru untuk yang DPRD kabupaten saja," ungkapnya.

BACA JUGA: KPU DIY Berikan Santunan ke Petugas Pemilu yang Sakit dan Meninggal Dunia

Pada rekapitulasi suara di tingkat provinsi nanti KPU setempat hanya mencocokkan suara hasil Pemilu 2024 untuk empat surat suara yakni pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Sementara surat suara DPRD Kabupaten/Kota sudah selesai di tingkat sebelumnya. 

"Target kami dua atau hari ke depan rekapitulasi suara tingkat kabupaten sudah selesai. Yang agak lama mungkin Sleman dan Bantul karena kecamatannya banyak. Setelah itu pada 3 atau 4 Maret akan kita lanjutkan dengan rekapitulasi suara tingkat provinsi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement