Advertisement

DKPP Bantul Jamin Stok Daging untuk Jelang Ramadan hingga Lebaran 2024 Aman

Jumali
Rabu, 28 Februari 2024 - 18:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
DKPP Bantul Jamin Stok Daging untuk Jelang Ramadan hingga Lebaran 2024 Aman Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul menjamin stok daging selama jelang bulan Ramadan hingga Lebaran 2024 aman.

Selain itu, DKPP juga memastikan tidak akan ada daging sapi glonggongan yang masuk ke pasar tradisional di Bumi Projotamansari. “Untuk stok daging, kami pastikan aman. Karena selama ini kami melihat pelaku usaha masih normal dalam hal penyembelihan hewan,” kata Kepala DKPP Bantul Joko Waluyo, Rabu (28/2/2024).

Advertisement

Diakui oleh Joko, untuk stok daging di bantul jika dilihat dari jumlah pemotongan daging harian tidak cukup. Karena yang terjadi di Bantul adalah pola pembibitan hewan ternak. “Meskipun tiap tahun 30.000 pedet (anak sapi) yang lahir. Terus nanti saat umur 4-8 bulan biasanya dijual,” terang Joko.

Sementara untuk sapi yang dipotong, lanjut Joko biasanya adalah sapi pejantan. Untuk memenuhi kebutuhan sapi, kambing dan domba untuk dipotong, biasanya para pelaku usaha mengambil hewan dari luar DIY.

Oleh karena itu untuk memastikan daging sapi yang masuk ke pasar tradisional aman, kata Joko, maka DKPP akan menerapkan aturan yang tegas. Di mana baik daging maupun hewan yang dijual harus memiliki surat dan stempel dari rumah pemotongan hewan (RPH) di DIY.

“Ini sebagai antisipasi beredarnya daging sapi glonggongan dan sapi yang memiliki penyakit yang membahayakan,” papar Joko.

Baca Juga

Harga Daging Sapi Melonjak, Ini Penyebabnya

Jelang Ramadan-Idulfitri, 200.000 Ton Daging Diimpor dari Brasil dan India

Pastikan Stok Pangan Menjelang Ramadan, Mendag Zulhas Turun ke Pasar

Selain itu, Joko menyatakan DKPP selama Ramadan akan menggencarkan pemeriksaan daging sapi hingga ayam di pasar. Hal ini untuk memastikan daging layak dikonsumsi serta memastikan stok aman dan pergerakan harga daging di pasar. “Jadi semua akan kami lakukan untuk memastikan stok dan kelayakan daging yang dijual ke masyarakat pada bulan Ramadan dan Lebaran nantinya,” ucap Joko.

Sementara berdasarkan laman bapok.bantulkab.go.id terpantau harga daging sapi stabil di lima pasar di Bantul yakni Pasar Pijenan, Pasar Bantul, Pasar Niten, Pasar Piyungan dan Pasar Imogiri dalam beberapa hari terakhir.

Per tanggal Kamis (28/2/2024) harga rata-rata daging sapi kualitas 1 Rp135.000 per kilogram, dan sapi kualitas 2 Rp110.000 per kilogram, sedangkan ayam broiler senilai Rp34.000 per kilogram dan ayam kampung Rp70.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement