Advertisement

Tak Lagi Berfungsi, Stasiun Tempel Sleman Kini Berubah Jadi Tempat Penitipan Anak

David Kurniawan
Rabu, 28 Februari 2024 - 13:37 WIB
Maya Herawati
Tak Lagi Berfungsi, Stasiun Tempel Sleman Kini Berubah Jadi Tempat Penitipan Anak Aktivitas di bekas Stasiun Tempel di Kalurahan Lumbungrejo, Tempel yang saat ini dipergunakan untuk tempat penitipan anak, Rabu (28/2/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Moda transportasi kereta api pernah menghubungkan Kota Jogja dengan Magelang hingga 1970-an. Bukti ini terlihat adanya bekas Stasiun Tempel di Padukuhan Panggung, Lumbungrejo, Tempel yang kini berubah menjadi tempat penitipan anak.

Bangunan bekas stasiun masih ada hingga sekarang. Jejak ini terlihat adanya papan nama ruangan yang dikhususkan untuk pemimpin perjalanan kereta api.

Advertisement

Di sekitar pagar yang berdiri saat ini juga terdapat papan pengumuman tentang tanah milik PT Kereta Api Indonesia. Berjarak sekitar 50 meter dari lokasi stasiun juga masih terlihat tandon air yang dipergunakan untuk menyirami kereta pada saat akan memasuki stasiun.

Sayangnya tandon air ini sekarang hanya teronggok menjadi besi tua. Adapun bekas stasiun sudah berfungsi menjadi tempat penitipan anak.

Salah seorang warga di Kalurahan Lumbungrejo, Daryanto mengatakan, bekas Stasiun Tempel masih terlihat hingga sekarang. Meski tidak pernah tahu kapan beroperasinya kereta api jurusan Kota Jogja-Magelang, tapi ia pernah mendengar adanya lalu lalang moda transportasi ini.

“Saya kelahiran 1973 dan waktu beranjak dewasa sudah tidak melihat lagi kereta api ini beroperasi,” kata Daryanto kepada Harianjogja.com, Rabu (28/2/2024).

Berdasarkan cerita yang ia dengarkan, aktivitas kereta api berhenti karena adanya banjir lahar dingin di Kali Krasak yang berada di sisi utara stasiun. Bencana ini tidak hanya memutus jembatan kereta api di atas Kali Krasak, tapi juga mengubur perkampungan di wilayah Salam, Magelang. “Setelah jembatan kereta terputus, maka saat itu langsung berhenti,” katanya.

BACA JUGA: Waspada Sering Merasa Lelah dan Rambut Rontok, Bisa Jadi Gejala Autoimun

Senada diungkapkan oleh Siswanto, warga lain di Kalurahan Lumbungrejo, Tempel. Menurut dia, jejak bekas dari stasiun tempel masih ada hingga sekarang, walaupun sudah tidak lagi lengkap.

Sebagai gambaran jejak rel masih terlihat di barat stasiun meski panjangnya hanya beberapa meter. Adapun di sisi utara juga masih terlihat tiang bendera miliki stasiun.

Bangunan stasiun juga masih ada, tapi sudah dipergunakan untuk TK dan tempat penitipan anak. “Ada juga tandon air milik stasiun di sisi Selatan yang sekarang juga tidak berfungsi lagi,” katanya.

Menurut dia, untuk aktivitas di Stasiun Tempel masih bisa dilihat beberapa akun media sosial yang memosting perjalan kereta dari Jogja menuju Magelang. “Tahunya juga lewat medsos karena untuk beroperasinya jalur di Stasiun Tempel, saya belum lahir,” katanya.)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement