Advertisement

Anggota DPRD Jogja 2024: Nama Baru di PPP dan PKB, Gerindra Didominasi Petahana

Alfi Annisa Karin
Senin, 04 Maret 2024 - 16:02 WIB
Budi Cahyana
Anggota DPRD Jogja 2024: Nama Baru di PPP dan PKB, Gerindra Didominasi Petahana DPRD Kota Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komposisi kursi dan partai pilitik yang akan mengisi kursi DPRD Kota Jogja mulai terlihat meski KPU Kota Jogja belum menerbitkan surat keputusan (SK) tentang perolehan suara di Pemilu 2024 secara resmi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi berjenjang yang telah dilakukan oleh KPU Kota Jogja, ada nama-nama baru yang bermunculan. Bahkan, PKB akhirnya mampu meraih kursi di DPRD Kota Jogja setelah 20 tahun.

Advertisement

Ketua DPC PKB Kota Jogja Solihul Hadi menuturkan dua nama yang diprediksi lolos menjadi legislator di DPRD Kota Jogja, yakni dia dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 dan Eko Djoko Widiyatno dari Dapil 3.

BACA JUGA: Pecah Telur! PKB Akhirnya Peroleh Kursi di DPRD Kota Jogja Setelah Menunggu 25 Tahun

"Kita tunggu hasil resminya dulu. Tapi, insyaallah pemilu kali ini menjadi capaian yang luar biasa bagi kami. Setidaknya, akan ada dua kursi yang berhasil kami raih," ujarnya.

Nama-nama baru juga muncul dari PPP. Ketua DPC PPP M Hasan Widagdo menuturkan suara PPP di Kota Jogja tembus hingga 20 ribuan. Angka ini menurutnya naik dibandingkan dengan Pemilu 2019 ketika PPP hanya meraih 8 ribuan suara.

"Di DPRD Kota Jogja naik. Alhamdulillah dari satu kursi menjadi empat kursi tahun ini," ujar Hasan.

Lonjakan suara ini tak serta merta terjadi. Hasan mengaku DPC PPP Kota Jogja melakukan berbagai perbaikan, mulai dari penataan organisasi, meninggalkan pola-pola lama, hingga penguatan di akar rumput.

"Kemudian kerja elektoral akumulatif teman-teman caleg juga kami kejar, seperti itu," ujar dia.

Sementara, berdasarkan perhitungan rekapitulasi berjenjang KPU Kota Jogja, nama-nama petahana banyak muncul dari Partai Gerindra. Dari Dapil 2 ada Dhian Novitasari dengan perolehan 2.419 suara. Ada juga Ririk Banowati Permanasari dari Dapil 4 dengan 1.892 suara dan Marwoto Hadi dari Dapil 5 dengan 3.666 suara.

BACA JUGA: Empat Puluh Persen Calon Anggota DPRD Bantul Wajah-Wajah Baru, Ini Daftarnya

Sementara, calon legislator (caleg) Gerindra lainnya, yakni Krisnadi Setyawan dari Dapil 3 dengan 2.098 suara dan Sinarbiyat Nujanat dari Dapil 1 dengan 2.597 suara. Kali ini, Gerindra diperkirakan mampu mengamankan lima kursi DPRD Kota Jogja.

Di antara sederetan nama petahana, ada satu nama baru meskipun namanya sudah tidak asing lagi, yakni Sinarbiyat Nujanat. Kini dia adalah anggota DPRD DIY.

Saat dikonfirmasi, Sinar yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Jogja belum mau berkomentar banyak. Dia masih menunggu hasil resmi yang akan dirilis oleh KPU Kota Jogja.

"Masih menunggu SK resmi KPU," katanya singkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perhatikan! Per 1 Mei 2024 Pengajuan Berkas Kasasi dan PK di MA Wajib Daring

News
| Minggu, 28 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement