Advertisement

TPA Piyungan Tutup Permanen, Pj Wali Kota Jogja: Sampah Mengantre di Depo Diolah di TPS 3R

Alfi Annisa Karin
Selasa, 05 Maret 2024 - 17:27 WIB
Maya Herawati
TPA Piyungan Tutup Permanen, Pj Wali Kota Jogja: Sampah Mengantre di Depo Diolah di TPS 3R Kondisi Depo Mandala Krida yang penuh dengan sampah, Selasa (5/3/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Hari ini, Pemda DIY menggelar seremonial sebagai penanda resmi tutupnya TPA Piyungan, Selasa (5/3/2024). Hal ini tentu akan berdampak pada kondisi persampahan di Kota Jogja.

Menanggapi tutupnya TPA Piyungan, Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menuturkan untuk mencegah terjadinya tumpukan di depo maupun tepi jalan, saat ini pihaknya bertumpu pada TPS 3R Nitikan dan Karangmiri. Di Nitikan, sampah yang mampu diolah sebanyak 80 ton perhari. Sementara, di Karangmiri mampu mengolah 5 ton sampah dalam satu hari dan diharapkan ke depan mampu mengolah hingga 20 ton sampah per hari.

Advertisement

"Kami optimalkan TPS 3R yang kami punya, Kami optimalkan. Bahkan di TPS 3R Nitikan sudah kami set up untuk 2 shift, berarti 80 ton. (Saat ini) sudah bisa," ujar Singgih saat ditemui seusai mengisi acara di Hotel Burza, Selasa (5/3/2024).

BACA JUGA: Arus Lalu Lintas di Bukit Bego Bantul Segera Dibikin Satu Arah

Dalam satu hari, sampah yang dibuang ke TPA Piyungan dari Kota Jogja rata-rata mencapai 130 ton. Singgih mengatakan, sampah yang belum terolah di TPS 3R Nitikan maupun Karangmiri lantaran keterbatasan kapasitas, akan disimpan sementara di depo-depo sampah yang ada. Nantinya, sampah di depo akan diambil secara bergiliran untuk diolah di TPS 3R Nitikan dan Karangmiri.

"Nanti berproses akan kami kurangi terus. Selama ini seperti itu (sampah disimpan di depo). Nanti akan bergantian depo itu untuk kami ambil, kami proses, dan sebagainya," katanya.

Depo sampah terbesar di Kota Jogja yakni Depo Mandala Krida juga telah dilengkapi dengan mesin pencacah. Alat ini digunakan untuk mengolah sampah organik. Meskipun jika dilihat dari segi jumlah belum bisa mengurangi sampah dengan signifikan.

Di sisi lain, progres penyiapan TPS 3R Nitikan 2 dan lahan pakai pinjam milik Pemda DIY di TPA Piyungan masih terus berjalan. Singgih mengatakan, pihaknya telah meneken kontrak vendor yang akan melakukan revitalisasi kedua lokasi itu.

"Karangmiri sedang dibangun, kemudian di Nitikan 2 menyusul, sebentar lagi kontrak dan kami merencakan targetnya di pertengahan bulan April sudah selesai semua termasuk di Piyungan," ujarnya.

Singgih mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengolah sampah dari sumbernya. Sejalan dengan kampanye zero sampah organik dan anorganik yang selama ini digaungkan oleh Pemkot Jogja.

"Ini juga yang kami edukasi. Selain juga mengurangi tumpukan yang ada di depo, ini edukasi kepada masyarakat kan ada program Mbah Dirjo ini juga harus terus kita dampingi masyarakat supaya bisa mengolah sampahnya dari rumah masing-masing," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement