Advertisement

Enam Pejabat Eselon 2 Pensiun Saat Tahapan Pilkada, Pemkab Bantul Konsultasi ke Pusat

Jumali
Rabu, 13 Maret 2024 - 14:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Enam Pejabat Eselon 2 Pensiun Saat Tahapan Pilkada, Pemkab Bantul Konsultasi ke Pusat Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bantul akan berkonsultasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam waktu dekat.

Konsultasi penting dilakukan mengingat akan ada 385 aparatur sipil negara (ASN), termasuk enam pejabat jabatan pimpinan tinggi pratama (JPT) (eselon 2) pensiun pada 2024. Kepala BKPSDM Kabupaten Bantul Isa Budi Hartomo mengatakan keenam pejabat yang akan pensiun tersebut adalah Isdarmoko [inspektur daerah], Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala serta Tata Sasana) Kabupaten Bantul, Suprianto, staf ahli bupati Yuswarseno, Kepala Dinas PUPKP Bantul, Aris Suharyanto, Kepala Dinas UMKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistyana, dan Asisten Administrasi Umum Setda Bantul Pulung Haryadi. “Mulai April sudah pensiun. September dan Oktober juga ada. Untuk itu, kami gelar konsultasi dengan pusat terkait mekanisme pengisian,” kata Isa, Rabu (13/3/2024).

Advertisement

Menurut Isa, konsultasi wajib dilakukan pihaknya dengan Kementrian PARB karena jabatan yang kosong terjadi pada saat tahapan Pilkada 2024. Sedangkan Bantul harus melaksanakan Pilkada 2024 pada November 2024. “Karena, saat ini sedang masuk ke area Pilkada 2024. Makanya, kita masih persiapan juga untuk itu," jelas Isa.

Baca Juga

5 Pejabat Eselon II Pemda DIY Dilantik, Sultan HB X: Bukan Berarti Menduduki Kursi Empuk

Lantik 5 Pejabat Eselon II, Sultan: Jangan Sekadar Birokrat yang Bekerja di Kantor

Bupati Gunungkidul Segera Lelang Jabatan Eselon II Awal Tahun Depan

Lelang Jabatan

Sementara terkait dengan lelang jabatan untuk posisi Kepala Dinas Pariwisata dan Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Isa menyebut saat ini ada 15 pendaftar. Dari jumlah tersebut, dua di antaranya berasal dari luar ASN Bantul. “Tapi masih lingkup DIY. Kebanyakan laki-laki. Dari jumlah tersebut, nanti akan kami umumkan tiga yang lolos syarat administrasi untuk masing-masing posisi,” kata Isa.

Setelah lolos syarat adminstrasi, Isa menyatakan peserta harus harus menyerahkan penulisan makalah dengan ketentuan topik berkaitan dengan jabatan yang dilamar. Adapun pengumuman lolos administrasi akan dilakukan 13 Maret 2024.

Selain itu, Isa mengungkapkan jika seusai dinyatakan lolos administrasi, pihaknya akan melakukan penelusuran rekam jejak, uji kompetisi pada 19 Maret 2024, dan pengumpulan makalah pada 21 Maret 2024. “Presentasi makalah dan wawancara akan digelar 26 sampai 27 Maret 2024. Pengumuman hasil seleksi akan kami lakukan pada 1 April 2024,” ucap Isa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement