Advertisement

Ada 3 Pejabat Eselen II Pensiun di Masa Pilkada, Pengisian Pemkab Sleman Akan Minta Rekomendasi ke Pusat

David Kurniawan
Rabu, 20 Maret 2024 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Ada 3 Pejabat Eselen II Pensiun di Masa Pilkada, Pengisian Pemkab Sleman Akan Minta Rekomendasi ke Pusat Kabupaten Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman mencatat ada tiga pejabat eselon II yang pensiun di tahun ini. Karena bersamaan dengan pelaksanaan pilkada, maka pengisian akan dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Kepala BKPP Sleman, Budi Pramono mengatakan tahun ini ada sekitar 500 hingga 600 pegawai di lingkup Pemkab Sleman yang memasuki masa pensiun. Pegawai ini berasal dari berbagai tingkatan, malahan ada juga yang menjabat kepala organisasi perangkat daerah (OPD) atau setingkat eselon II.

Advertisement

Pejabat setingkat kepala dinas yang pensiun meliputi Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Haris Sutarta; Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat, Hery Sutopo; dan Inspektur Inspektorat Sleman, Hery Dwikuryanto. Sesuai dengan peraturan, maka untuk pengisian jabatan yang kosong akan dilakukan dengan proses seleksi terbuka.

Meski demikian, Pramono mengakui untuk seleksi terbuka di tahun ini agak sedikit berbeda. Pasalnya, pelaksanaan bersamaan dengan tahapan pilkada, maka prosesnya harus melalui konsultasi dengan Kemendagari. “Nanti kalau sudah kosong dan secara prosedur akan minta rekomendasi ke Kemendagri untuk melakukan pengisian pejabat struktural yang kosong,” katanya, Rabu (20/3/2024).

BACA JUGA: Duel Rebutan Tempat Angon Bebek Satu Meninggal Dunia, Ini Pengakuan Pelaku

Disinggung untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan pegawai yang pensiun selain eselon II, ia mengakui proses pengisian dapat dilakukan melalui promosi dan mutasi. Selain itu, ia mengakui tahun ini mendapatkan 736 formasi pegawai ASN baru di lingkup Pemkab.

Kuota ini terdiri dari CPNS sebanyak 147 formasi dan sisanya 589 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Sudah ada kepastian untuk penambahan pegawai baru di pemkab. Tapi, pelaksanaan rekrutmen masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Kepala BKAD Sleman, Haris Sutarta membenarkan dirinya menjadi salah sati pegawai eselon II di lingkup Pemkab Sleman yang pensiun di tahun ini. Rencananya tugas sebagai PNS berakhir pada 31 Agustus 2024 mendatang. “Saya pensiun mulai 1 September. Meski akan pensiun, tetap komitmen ketugasan yang saya miliki,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement