Advertisement

Marak Pencurian Komponen Lampu Jalan, UPT LPJU Kulonprogo Minta Masyarakat Turut Mengawasi

Triyo Handoko
Kamis, 21 Maret 2024 - 16:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Marak Pencurian Komponen Lampu Jalan, UPT LPJU Kulonprogo Minta Masyarakat Turut Mengawasi Suasana pemeliharaan lampu jalan di Kulonprogo yang dilakukan UPT LPJU. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pencurian komponen lampu jalan di Bumi Binangun marak terjadi mendekati momen hari raya. Komponen lampu yang sering dimaling itu adalah boks MCB yang biasanya berada di bawah tiang penerangan.

Pencurian boks MCB ini membuat lampu jalan tak bisa menyala. Maraknya aksi pencurian ini dicatat UPT Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) Kulonprogo, pada Natal kemarin terjadi di 19 titik, lalu awal Ramadan ini tiga titik.

Advertisement

"Tiga titik awal puasa ini di Kapanewon Wates, Sentolo, dan Nanggulan, masing-masing satu titik. Kalau yang Natal kemarin merata hampir di semua kapanewon pencuriannya," jelas Kepala UPT LPJU Kulonprogo Iswanta pada Kamis (21/3/2024).

Iswanta menjelaskan pihaknya sudah melaporkan aksi pencurian pada Natal lalu ke kepolisian, sedangkan aksi serupa pada awal Ramadan kemarin belum dilaporkannya. "Yang jelas sudah kami ganti sekarang, jadi tidak terganggu lagi," terangnya.

Baca Juga

Pencurian Minimarket di Kulonprogo, Dua Handphone dan Uang Tunai Raib

Pencurian Sapi dan 5 Kambing di Kulonprogo Belum Terungkap, Polisi Andalkan CCTV

Pria Kulonprogo Curi Motor Miliknya Sendiri

Meskipun sudah diganti, aksi pencurian tersebut tetap saja merugikan. "Yang rugi semuanya, kami rugi sebagai pemerintah, masyarakat juga rugi karena sempat mati juga lampunya. Apalagi kondisinya ini lampu penerangan jalan masih jauh dari jumlah kebutuhan," ungkapnya.

Data UPT LPJU Kulonprogo, jelas Iswanta, mencatat terdapat sekitar 3.700 lampu di seluruh jalan kabupaten di Bumi Binangun. "Itu baru 21% dari kebutuhan yang ada, ini malah dicuri, tentu sangat memprihatinkan," tuturnya.

Iswanta berharap masyarakat Bumi Binangun turut menjaga fasilitas umum tersebut yang amat berguna saat malam hari. "Ini fasilitas bersama mesti dijaga bersama juga, termasuk jika ada aktivitas mencurigakan terutama jika ada pencurian tolong dilaporkan, mari diawasi bersama" imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement