Advertisement

Pelantikan Susmiarto Jadi Sekda Sleman Tinggal Menunggu Izin Kemendagri

David Kurniawan
Senin, 25 Maret 2024 - 13:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pelantikan Susmiarto Jadi Sekda Sleman Tinggal Menunggu Izin Kemendagri Kabupaten Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Susmiarto menjadi kandidat Sekda Sleman yang baru. Pasalnya, proses pelantikan tinggal menunggu restu dari Kementerian Dalam Negeri.

Proses seleksi yang berlangsung sejak akhir Februari lalu sudah selesai dan memunculkan tiga nama kandidat kuat. Selain Susmiarto, kandidat lain adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eka Suryo Prihantoro yang juga menjabat sebagai Pejabat Sekda Sleman.

Advertisement

Adapun calon ketiga merupakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Agung Armawanta. Kendati demikian, pada saat pelantikan pejabat yang berlangsung Jumat (22/3/2024), keduanya terkena rotasi.

Eka Suryo Prihantoro ditunjuk menjadi Asisten Administrasi Umum. Sedangkan, Agung Armawanta didaulat menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Baca Juga

Ditanya Pelantikan Sekda Baru Sleman, Bupati: Nanti Dulu, Masih Banyak Urusan

8 Pelamar Tersingkir, Ini 3 Kandidat Calon Sekda Sleman

Bupati Kustini Menunjuk Kepala Diskominfo Jadi Pj Sekda Sleman

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan calon Sekda Sleman sudah mengerucut pada satu nama. Yakni, Kepala Disdukcapil Sleman, Susmiarto.

Menurut dia, rekomenasi dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Kendati demikian, Pramono mengakui, yang bersangkutan belum bisa dilantik sehingga jabatan sekda masih dipegang oleh Pejabat sementara, yakni Eka Surya Prihantoro.

“Kepala Disdukcapil tidak hanya menjadi pejabat di lingkup pemkab, tapi juga menjadi perwakilan Dirjen Dukcapil di daerah. Sehingga untuk dilantik di jabatan baru, harus diberhentikan terlebih dahulu oleh kemendagri,” ungkapnya.

Ia mengakui proses pemberhentian sebagai Kepala Disdukcapil sudah diajukan melalui aplikasi yang dimiliki oleh Kementerian. Hingga sekarang, masih menunggu turunnya Keputusan tentang pemberhentian tersebut.

“Masih dalam proses. Kalau sudah turun peberhentiannya sebagai Kepala Disdukcapil, maka pelantikan di jabatan lain [Sekda Sleman] baru bisa dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Jumat (22/3/2024), Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melakukan penataan ulang pejabat di lingkup Pemkab. Total ada 39 orang yang dilantik menduduki jabatan baru.

Kustini menekankan kepada seluruh pejabat yang dilantik tetap istiqomah dan menjaga integritas. Ia juga menegaskan, setiap jabatan yang diemban memiliki tanggung jawab untuk mumpuni dan migunani atau cakap dan bisa memberikan manfaat.

“Jadilah pemimpin yang ideal berbekal komitmen untuk pengabdian ke masyarakat menuju Sleman sejahtera dan bermartabat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement