Advertisement

Jelang Libur Lebaran 2024, Reservasi Hotel di Bantul Mulai Meningkat, Tarif Diperkirakan Naik

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Libur Lebaran 2024, Reservasi Hotel di Bantul Mulai Meningkat, Tarif Diperkirakan Naik Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul mencatat reservasi hotel di Bantul mulai meningkat meskipun masih sekitar dua minggu lagi. 

Ketua PHRI Bantul, Yohanes Hendra menyampaikan reservasi hotel di Bantul untuk momen libur lebaran telah mencapai 65-70%. Sementara PHRI Bantul memperkirakan reservasi hotel di Bantul pada 10-14 April 2024 akan mencapai 85%. 

Advertisement

BACA JUGA: Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

PHRI Bantul pun memperkirakan akan terjadi kenaikan tarif penginapan di momen tersebut. Kenaikan tarif penginapan akan terjadi terutama mendekati momen libur lebaran 2024. "Kenaikan harga [tarif penginapan] itu pasti, tidak menutup kemungkinan [kenaikan harga] sekitar 15-20 persen," ujarnya Jumat (29/3/2024).

Menurut Hendra kenaikan tarif penginapan tersebut pasti terjadi. Pihaknya pun telah mengkomunikasikan kepada manajemen hotel di Bantul agar kenaikan tarif penginapan tersebut dapat dibarengi dengan peningkatan fasilitas. 

"Pasti ada himbauan [kenaikan tidak terlalu tinggi], tetapi tidak bisa untuk menyetarakan harga. Sudah saya sampaikan bagi management yang menaikkan harga, silahkan ditunjang dengan kenaikan fasilitas," ujarnya. 

Menurutnya, momen libur panjang untuk hari raya keagamaan yang dibarengi cuti bersama hanya dua kali setahun, yaitu saat momen akhir tahun dan lebaran. Sehingga dalam momen tersebut, wisatawan akan cukup tinggi. Hendra pun berharap manajemen hotel dapat mengoptimalkan pelayanan selama momen lebaran 2024. 

Dia mengimbau agar manajemen penginapan dapat mengutamakan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment  Sustainability (kelestarian lingkungan) atau CHSE dalam pelayanannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement