Advertisement

Gerak Cepat Dinas Kesehatan Sleman untuk Cegah Difteri, Ribuan Anak di Tamanmartani Diimunisasi

Media Digital
Sabtu, 06 April 2024 - 14:27 WIB
Ujang Hasanudin
Gerak Cepat Dinas Kesehatan Sleman untuk Cegah Difteri, Ribuan Anak di Tamanmartani Diimunisasi Pelaksanaan vaksinasi difteri di Balai Kalurahan Tamanmartani, Kalasan. Sabtu (6/4/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Dinas Kesehatan Sleman bergerak cepat dengan menjalankan program imunisasi tambahan untuk mencegah penyebaran penyakit difteri di Tamanmartani, Kalasan. Total lebih dari 3450 anak yang mendapatkan imunisasi ini.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Cahya Purnama mengatakan, kasus difteri sudah ditemukan di Sleman, yakni di Kalurahan Tamanmartani, Kalasan. Total ada tiga anak yang teridentifikasi yang terjangkit penyakit ini.

Advertisement

“Berdasarkan penelusuran, satu anak memiliki Riwayat bepergian ke wilayah Jawa Tengah, satu anak merupakan santri pondok pesantren di Jawa Timur dan satunya merupakan asli di Tamanmartani,” kata Cahya di sela-sela vaksinasi difteri di Balai Kalurahan Tamanmartani, Sabtu (6/4/2024).

Untuk kasus, ia mengakui ketiga pasien sudah dinyatakan sembuh. Kepada Masyarakat, Cahya meminta agar tidak khawatir dikarenakan penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi.

“Makanya dilakukan program imunisasi tambahan difteri bagi anak di Tamanmartani. Tujuannya untuk mengurangi risiko penyebaran. Apalagi saat Lebaran banyak warga luar daerah berdatangan,” kata Cahya.

Dia menjelaskan, vaksinasi diberikan untuk anak dengan rentang usia dua bulan hingga 15 tahun. Bagi bayi berusia 2-18 bulan ada 600 anak divaksin menggunakan pentabio. Anak-anak berusia 5-7 tahun sebanyak 800 anak divaksin menggunakan DT dan anak-anak berusia 8-15 tahun sebanyak 2.500 anak divaksin menggunakan jenis Td.

“Total ada 3.450 anak yang menjadi sasaran vaksin. Tapi, harapannya bisa menyasar lebih banyak lagi sehingga pencegahan dioptimalkan,” katanya.

BACA JUGA: Imunisasi DPT Lengkap Cara Ampuh untuk Mitigasi Difteri

Cahya menambahkan, sesuai dengan prosedur pencegahan difteri, vaksinasi diberikan sebanyak tiga kali. Setelah vaksinasi pertama, retang satu bulan diberikan vaksin kedua.

“Untuk kedua dilaksanakan Mei mendatang. Sedangkan ketiga diberikan rentang waktu enam bulan sehingga pelaksanannya di Bulan Oktober,” katanya.

Kamituwo Tamanmartani, Awan Paradhais P mendukung penuh upaya pencegahan penyakit difteri dengan program imunisasi. Menurut dia, antusiasme dari warga sangat tinggi dikarenakan di tiga lokasi pelaksanaan dipadati oleh peserta.

“Selain di Balai Kalurahan Tamanmartani [sektor tengah], vaksinasi juga dilaksanakan di SMKN 1 Kalasan [sektor selatan] dan Balai Padukuhan Cageran [sektor utara],” kata Awan.

Dia berharap program ini bisa menghentikan laju penularan difteri yang sempat ditemukan di Tamanmartani. “Persiapan hanya sekitar satu minggu, tapi antusiasme yang ikut vaksin sangat tinggi. Mudah-mudahan dengan vaksinasi penularan dapat dicegah dan pelaksanaan Lebaran dapat berjalan dengan aman dan lancar,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement