Advertisement

Jumlah Penumpang Arus Balik di Terminal Giwangan Hari Ini Mulai Menyurut

Alfi Annisa Karin
Senin, 15 April 2024 - 14:37 WIB
Maya Herawati
Jumlah Penumpang Arus Balik di Terminal Giwangan Hari Ini Mulai Menyurut Suasana di Terminal Giwangan, Rabu (3/4/2024). - Harian Jogja/Anisatul Umah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kepala Terminal Giwangan Sigit Saryanto menyebut hari ini (15/4/2024) mulai terjadi penurunan jumlah penumpang di Terminal Giwangan. Kondisi ini terjadi setelah lewatnya puncak arus balik Lebaran pada 12-13 April lalu.

Sigit menuturkan setidaknya ada 19.600 penumpang yang naik dan turun di Terminal Giwangan pada 12 April. Angka ini melejit pada 13 April hingga mencapai 27.800 penumpang. "Total jumlah bus pada 13 April hingga mencapai 1.500 bus," ujar Sigit saat ditemui di Terminal Giwangan, Senin (15/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Sampah Lebaran Meningkat, TPA Piyungan Tetap Dibatasi

Sigit menambahkan, secara keseluruhan terjadi kenaikan penumpang maupun jumlah armada bus jika dibandingkan dengan tahun lalu. Dia mencatat, kenaikan penumpang mencapai 21 persen. Lalu, kenaikan armada bus mencapai 2 persen. Beberapa tujuan daerah masih menjadi dominasi tahun ini.

"Kebanyakan dominasi Jakarta, Surabaya, Denpasar. Sebagian ke arah Bandung dan Sumatra," katanya.

Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Giwangan ini tak lepas dari aktivitas masyarakat secara nasional yang juga meningkat. Direktur Angkutan Darat Kementerian Perhubungan Suharto menyebut ada kenaikan jumlah pergerakan masyarakat secara nasional naik drastis pada momen angkutan lebaran kali ini. Dia mencatat, setidaknya ada 193,6 juta aktivitas atau pergerakan masyarakat. "Angka ini jauh meningkat jika dibanding tahun lalu, mencapai 71 persen," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement