Advertisement

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Media Digital
Kamis, 18 April 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business Peserta mengikuti pelatihan E-Business dengan tema Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Menuju Bisnis Online, di Kantor Kalurahan Gadingsari, Sanden, Bantul, Kamis (18/4/2024). - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

BANTUL—Sebanyak 30 orang perwakilan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kalurahan Gadingsari, Kapanewon Sanden, mengikuti pelatihan E-Business dengan tema Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM menuju Bisnis Online di Kantor Kalurahan Gadingsari, Sanden, Bantul, Kamis (18/4/2024).

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY dengan menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) tersebut dimaksudkan agar usaha para pelaku UMKM naik kelas menghadapi digitalisasi teknologi informasi di masa kini.

Advertisement

Pranata Humas Muda Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Wiwik Lestariningrum mengungkapkan pelatihan teknis bagi pelaku UMKM sangat penting sebab 99% pelaku bisnis di DIY adalah UMKM. “Harapannya dengan ponsel, bapak-ibu peserta pelatihan ini bisa nambah omzetnya secara nyata. Dan nanti pasti berkelanjutan," ujar Wiwik saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Selain itu, dengan adanya pelatihan E-Business ini, kata Wiwik, Diskominfo DIY berkomitmen terus mendukung pengembangan UMKM DIY agar dapat bertransformasi ke arah yang lebih digital dan berdaya saing. “Nantinya peserta pelatihan diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam pelatihan ini guna memperluas jangkauan pemasaran mereka,“ katanya.

Adapun, metode pelatihan yang diterapkan, kata Wiwik, adalah dengan menggabungkan antara penyampaian materi dengan diskusi peserta dan narasumber.

Untuk materi yang diberikan, tidak hanya soal pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan, akan tetapi cara pembuatan reels di Instagram dan TikTok untuk keperluan branding serta praktik memunculkan produk di halaman utama pada Instagram dan juga Youtube dengan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya.

“Termasuk pembuatan WhatsApp Bisnis, Facebook Bisnis juga. Jadi kami padukan antara pemberdayaan dan praktik,” imbuh pendiri Alterasi Indonesia yang juga sekaligus peneliti di UNU Jogja, Sunaji Zamroni yang menjadi salah satu narasumber kegiatan.

Sunaji mengungkapkan, ada banyak faktor yang  mempengaruhi keberdayaan dalam suatu kelompok masyarakat. Tidak hanya kesehatan, ada sosial budaya, pendidikan dan penguasaan akses sumber kemajuan ekonomi. “Semuanya itu berpengaruh atas keberhasilan masyarakat untuk berkembang dan maju atau malah semakin tertinggal ke depannya,” katanya.

Sunaji berharap agar pelaku UMKM bisa mengadopsi berbagai macam bentuk pemberdayaan di wilayahnya masing-masing di antaranya berupa pengorganisasian masyarakat, penguatan kelembagaan, penguatan SDM dan pengembangan usaha ekonomi, kapasitas sosial, budaya dan politik di kelompok masyarakat itu sendiri.

“Selain itu, para UMKM juga diharapkan mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam pelatihan ini untuk perluasan jangkauan pemasaran,” harap Sunaji.

BACA JUGA: UMKM Jogja Diajak Berjejaring dan Beradaptasi di Tengah Isu Perubahan Iklim

Sementara itu, Nova Ardiyanto, Konten Kreatif Infotekno lebih menekankan pemanfaatan pengguna media sosial di Indonesia, terutama di Instagram.

Dia mengatakan jumlah pengguna aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial saat ini cukup besar. “Dan, diharapkan Instagram ini mampu membantu bisnis UMKM,” ujarnya.

Adapun, anggota DPRD DIY, Boedi Dewantara mengatakan jika pelatihan ini adalah bentuk fasilitasi dan upaya dari Pemda DIY untuk pelaku UMKM. Apalagi, pelatihan yang digelar mendorong UMKM naik kelas dengan mengoptimalkan teknologi digital. “Kami harapkan pelatihan ini bisa memberikan motivasi, membantu UMKM untuk terus berkembang. Apalagi saat ini, mereka dihadapkan pada perkembangan teknologi, sehingga harus bertransformasi ke arah digital dan berdaya saing lebih,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gacoan Trending di X Setelah Didatangi Jokowi yang Pesan Mi Level 0

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement