Advertisement

Pilkada 2024, PDIP DIY Tegaskan Terbuka Bekerja Sama dengan Partai Lain

Yosef Leon
Selasa, 23 April 2024 - 13:37 WIB
Maya Herawati
Pilkada 2024, PDIP DIY Tegaskan Terbuka Bekerja Sama dengan Partai Lain Logo PDIP - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAPDIP DIY menegaskan terbuka untuk bekerja sama dengan partai lain dalam Pilkada 2024 mendatang meski menjadi pemenang suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif di tiga kabupaten dan satu kota di DIY.  

Proses penjaringan terhadap calon kepala daerah yang diusung masih berlangsung sampai sekarang dan ditutup pada 31 Mei mendatang.

Advertisement

Sekretaris PDIP DIY Totok Hedi Santosa menjelaskan sudah memerintahkan kepada seluruh DPC untuk membuka penjaringan calon kepala daerah yang nantinya bakal diusung oleh partai berlambang banteng itu.

Ia menyebut PDIP DIY mengutamakan kader sendiri yang bakal bertarung di Pilkada nanti, tetapi tetap membuka diri terhadap tokoh luar partai yang ingin maju lewat partai tersebut.

"Meskipun di Bantul, Sleman, Kulonprogo dan Kota Jogja bisa mengusung calon sendiri karena memenuhi syarat, tetapi tidak menutup kemungkinan kami bekerja sama dengan partai lain yang se-ideologi," ujarnya, Selasa (23/4/2024).

BACA JUGA: Menguat Sinyal Megawati Mau Bertemu Prabowo Setelah Rakernas PDIP

Totok menyebut, kerja sama dengan partai lain itu melihat pertimbangan garis politik yang diusung oleh keduanya. Harus ada kesamaan ideologi dan visi misi dalam menatap Pilkada 2024 yakni membangun kesejahteraan masyarakat berdasarkan potensi di setiap wilayah.

"Namun kalau dari struktur partai di tingkat kabupaten kota ada yang mau mencalonkan diri di Pilkada segera melaporkan ke kami, agar segera ditindaklanjuti untuk menyusun strategi pemenangan," jelasnya.

Totok menyebut, sampai sekarang belum ada nama-nama yang dilaporkan oleh DPC yang sudah mendaftar untuk ikut serta dalam Pilkada 2024 nanti. Sejumlah nama yang santer disebutkan seperti Fajar Gegana di Kulonprogo, Joko Purnomo di Bantul, Singgih Raharjo di Kota Jogja, atau Harda Kiswaya di Sleman, disebut Totok masih masih sebatas isu.

"Kami pastikan tidak ada mahar untuk maju lewat PDIP. Karena kami sifatnya gotong royong memenangkan Pilkada, dari struktur partai, legislatif dan eksekutif harus dimaksimalkan," katanya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tanggapi Putusan Mahkamah Internasional, PM Israel Netanyahu Gelar Rapat Darurat

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement