Advertisement

Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 24 April 2024 - 07:47 WIB
Sunartono
Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul mulai membentuk Panwascam untuk Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) 2024.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Bantul, Sri Hartati menyampaikan pembentukan panwascam dilakukan dengan seleksi. Adapun kategori peserta terdiri atas anggota panwascam pemilu 2024 serta peserta pendaftar baru.

Advertisement

Merujuk pada Keputusan Bawaslu No. 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan 2024, maka untuk peserta existing atau Panwascam Pemilu 2024 akan mengikuti penilaian evaluasi kinerja yang akan dilakukan oleh Bawaslu Bantul dengan standar evaluasi yang telah dibuat oleh Bawaslu RI. 

BACA JUGA : Rekrutmen Panwacam Pilkada Sleman Dibikin 2 Gelombang, Ini Tujuannya

“Selanjutnya Bawaslu Bantul akan melakukan pemetaan atas keterpenuhan panwascam berdasarkan hasil evaluasi kinerja terhadap panwascam existing,” ujarnya, Selasa (23/4/2024). 

Dalam hal ini jika panwascam lama tersebut kurang dari tiga orang tidak memenuhi batas minimal evaluasi kinerja, maka akan dilakukan proses rekruitmen bagi pendaftar baru. 

Peserta panwascam existing ini nantinya tetap akan diminta melengkapi persyaratan administrasi terlebih dahulu. Mulai dari surat pernyataan kesediaan mengikuti seleksi, surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit atau puskesmas dengan mencantumkan hasil pemeriksaan tensi darah, kadar gula darah dan kolestrol, surat keterangan sehat rohani dan bebas NAPZA serta beberapa surat pernyataan yang bermaterai. 

Ketua Bawaslu Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan nantinya panwascam yang memenuhi persyaratan untuk ditetapkan sebagai panwascam pilkada 2024 akan diumumkan kepada masyarakat.  “Masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan kepada panwascam existing yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Didik menambahkan jadwal evaluasi kinerja panwascam akan dilakukan pada 26-27 April 2024, sedangkan penetapan dan pengumuman panwaslu yang memenuhi syarat pada tanggal 1-2 Mei 2024. 

Sebelum penetapan panwascam yang memenuhi syarat ini Bawaslu Bantul wajib melakukan konsultasi kepada Bawaslu DIY. Untuk peserta yang pendaftar baru penerimaan dan verifikasi berkas akan dilakukan pada tanggal 5-7 Mei 2024.

BACA JUGA : Bersiap Perekrutan Anggota Panwascam Pilkada, Bawaslu Sleman Tunggu Juknis dari Pusat

Selanjutnya pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota panwascam tanggal 12 Mei 2024. Tanggapan dan masukan masyarakat dilakukan tanggal 12-17 Mei 2024. Tes tertulis bagi pendaftar baru seleksi panwascam dilaksanakan tanggal 13-14 Mei 2024. Untuk pelantikan panwascam untuk pilkada 2024 dilanjutkan pembekalan rencananya akan dilaksanakan 24-25 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang Kedua Keberangkatan Jemaah Haji, Kemenag Berharap Tak Ada Lagi Kasus Delay

News
| Sabtu, 25 Mei 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Kyoto Jepang Larang Turis Kunjungi Distrik Geisha di Gion, Ini Alasannya

Wisata
| Kamis, 23 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement