Advertisement

Pendaftaran Kandidat Pilkada lewat Golkar Kulonprogo Tutup, Ada 6 Balon Bupati dan 6 Balon Wakil

Triyo Handoko
Kamis, 25 April 2024 - 20:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pendaftaran Kandidat Pilkada lewat Golkar Kulonprogo Tutup, Ada 6 Balon Bupati dan 6 Balon Wakil Wakil Ketua DPD Gerindra DIY (kanan baju biru) saat mendaftar kandidat Pilkada Kulonprogo lewat DPD Golkar. Dok Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Penutupan pendaftaran kandidat Pilkada 2024 lewat DPD Golkar Kulonprogo resmi ditutup, total ada 13 pendaftar dan 12 nama yang lengkap formulirnya. Satu pendaftar tak mengumpulkan formulir pendaftaran karena terjadi kesalahpahaman komunikasi, yaitu mantan Bupati Tanah Lot, Kalimantan Selatan yang merupakan putra Bumi Binangun, Sukamta.

Sukamta gagal mendaftar dalam penjaringan kandidat Pilkada Kulonprogo lewat Golkar karena merasa tidak menerima formulir. "Setelah dicek ternyata ada kesalahpahaman dengan timnya, formulir sudah diterima tapi entah bagaimana dengan kandidat tidak diketahui. Sehingga dengan berat hari proses tidak dilanjutkan," kata Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo, Djuwardi pada Kamis (25/4/2024) siang.

Advertisement

Djuwardi menjelaskan 12 pendaftar yang sudah mengembalikan formulirnya terdapat enam nama yang mencalonkan jadi bupati dan enam lainnya menarget wakil bupati. Enam orang yang bakal calon (balon) bupati itu antara lain Ketua DPC PDIP Kulonprogo, Fajar Gegana; mantan komisioner KPID dan KPU DIY, Sapardiyono; Wakil Ketua DPD Gerindra DIY, Marija; anggota DPRD DIY Fraksi PDIP, Novida Kartika Hadhi; pengusaha dari Nanggulan, Ahmad Basuki; dan Lurah Sidomulyo, Pengasih, Suprijanto.

Baca Juga

Pilkada 2024, KPU Kulonprogo Butuh Minimal 10 Orang PPK Tiap Kapanewon

10 Kandidat Kepala Daerah Kulonprogo Melamar ke Golkar, Ada Mantan Bupati hingga Ketua Partai

Jumlah TPS Pilkada Kulonprogo 2024 Dipastikan KPU Menyusut, Bawaslu Siap Awasi

Sedangkan enam balon wakil bupati lewat Golkar Kulonprogo yaitu Ketua DPC PKB Kulonprogo, Noor Harish; Ketua PCNU Kulonprogo, Luqman Arifin Fathul Huda; pengacara yang kerap mendampingi warga nahdliyin, M. Ulinnuha; pengacara di Kulonprogo, Anung Marganto; lalu akademisi, Fidelis Diponegoro. "Terakhir, saya mencalonkan sebagai wakil bupati juga dengan latar belakang Sekretaris DPD Golkar Kulonprogo," kata Djuwardi.

Sebanyak 12 kandidat Pilkada Kulonprogo itu, jelas Djuwardi, akan dilaporkan ke DPD Golkar DIY. "Kami laporkan ke DPD Golkar DIY sore ini, setelah itu disampaikan ke DPP Golkar untuk dilakukan survei. Kami juga akan koordinasi langkah selanjutnya, kondisi sangat dinamis bisa saja dilakukan pembukaan pendaftaran lagi," jelasnya.

Survei akan segera dilakukan untuk mengerucutkan 12 nama tersebut, lanjut Djuwardi, akan jadi lima kandidat. "Survei untuk mengerucutkan nama, sehingga akan kami lihat elektabilitas dan popularitasnya, kami ambil yang terbaik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menlu Retno Soroti Kesenjangan Pembangunan Negara Anggota OKI

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement