Advertisement

Jadi Pusat UMKM, Eks Hotel Mutiara 1 Malioboro Jogja Beroperasi di 2025

Yosef Leon
Selasa, 30 April 2024 - 18:17 WIB
Sunartono
Jadi Pusat UMKM, Eks Hotel Mutiara 1 Malioboro Jogja Beroperasi di 2025 Kepala Dinkop UKM DIY Srie Nurkyatsiwi memberikan keterangan kepada wartawan tentang perkembangan eks hotel Mutiara 1 yang bakal dijadikan etalase UMKM premium, Selasa (30/4/2024). - Harian Jogja/Ypsef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinkop UKM DIY menargetkan 2025 mendatang eks hotel Mutiara 1 di Malioboro yang akan dijadikan pusat ekosistem UMKM premium bisa beroperasi. Perbaikan di sejumlah sarana dan prasarana sedangan dikebut pembangunannya terutama bagian interor. 

Kepala Dinkop UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menjelaskan, saat ini pembenahan eks hotel Mutiara 1 masih dalam tahap renovasi area interior gedung setelah sebelumnya dilakukan perbaikan bagian fasad dan luar bangunan. Secara bertahap tahun ini pihaknya ingin agar bagian interior segera diselesaikan.

Advertisement

BACA JUGA : Bakal Jadi Sentra UKM, Begini Update Pembangunan Eks Hotel Mutiara

"Sekarang baru proses pembenahan fisik. Tahun 2023 kami sudah renovasi juga tapi kan belum selesai. Di tahun ini kami lanjut lagi dengan finishing interior dan harapannya 2025 sudah bisa kami coba [operasional]," kata Siwi, Selasa (30/4/2024). 

Hotel Mutiara 1 dan 2 sebelumnya dibeli Pemda DIY pada 2021 sebesar Rp170 miliar. Rencana renovasi dan program tersebut sempat macet lantaran adanya pandemi Covid-19. Pada tahun 2023 lalu Pemda DIY kembali menganggarkan Rp23 miliar untuk kebutuhan renovasi gedung tersebut dan berlanjut sampai tahun ini.

Siwi mengatakan, renovasi tahun lalu baru fokus ke bagian luar dan fasad gedung sementara pada tahun ini dilakukan perbaikan di bagian dalam dengan menyesuaikan beberapa letak dan bentuk bangunan. Nantinya bangunan hotel Mutiara 1 yang seluas 5.050 meter persegi dengan delapan lantai itu akan dijadikan sebagai etalase UMKM premium.

"Tahun ini kami lebih ke area dalamnya dan interior. Fisik luar masih ada pembenahan sedikit tapi lebih banyak di bagian dalam," ucapnya.

Ia memastikan setelah gedung 100 persen selesai dan bisa dipakai, akan ada kurasi bagi UMKM yang bisa mejeng di tempat tersebut. Tidak hanya diperuntukkan sebagai etalase produk saja melainkan hotel Mutiara 1 diproyeksikan bakal menjadi tempat bertumbuhnya UMKM mulai ide maupun penjualan.

"Untuk kurasi tentu akan kami kaji dulu kebijakan dan regulasinya karena kan ini harapannya beda ya UMKM-nya," ujarnya.

Menurut Siwi di beberapa tempat memang sudah ada beberapa lokasi yang mengadakan program dan aktivitas yang sama berupa pembinaan dan wadah bagi UMKM untuk berkembang. Namun hotel Mutiara nantinya akan dibuat berbeda dengan segmen dan produk tertentu. 

"Nantinya akan ditempatkan produk premium ya premium yang seperti apa? Itu kan harus dikaji lagi. Kemudian bagaimana mempromosikan tempatnya itu masih jadi catatan kami," imbuhnya. 

Siwi menambahkan, akan ada aneka ragam produk yang bakal ditempatkan di lokasi tersebut jika sudah mulai beroperasi, baik itu fesyen, kriya, kerajinan dan lain sebagainya. Nantinya setiap jenis produk akan ditempatkan di lantai berbeda. Selain itu juga ada semacam kantor dan ruang kerja bersama sebagai wadah untuk kreasi dan inovasi ide produk. 

BACA JUGA : Bakal Jadi Sentra UKM, Eks Hotel Mutiara Mulai Dibangun

"Jadi bukan hanya etalase, di sana nanti ada aktivitas jual ide dan produk, ada semacam ruang dan kantor untuk inkubasi, ruang pamer, ritel, jualan juga ada, juga ada edukasi nanti. Harapan kami 2025 bisa jalan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement