Advertisement

Ratusan Penari Meriahkan Hari Tari Sedunia di AKN Seni Budaya Yogyakarta

Ujang Hasanudin
Selasa, 30 April 2024 - 04:57 WIB
Ujang Hasanudin
Ratusan Penari Meriahkan Hari Tari Sedunia di AKN Seni Budaya Yogyakarta Pentas tari dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia tahun 2024 di Kampus AKN Seni dan Budaya Yogyakarta. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL— Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta menggelar pentas tari selama 18 jam nonstop dari pagi hingga tengah malam, Sabtu (27/4/2024). Acara yang diikuti mahasiswa, alumni lintas Angkatan, dan pelaku UMKM se-Bantul tersebut dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April 2024.

Pentas tari digelar di halaman kampus Jalan. Parangtritis, Km. 4,5 Panggungharjo, Sewon, Bantul. . Penanggung jawab kegiatan, Luvita Pradana Puspitasari mengatakan bahwa kegiatan perayaan Hari Tari Sedunia ini adalah salah satu implementasi dari mata kuliah kewirausahaan dan manajemen produksi yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari program studi karawitan, kriya, dan tari.

Advertisement

“Perayaan Hari Tari Sedunia kali ini menampilkan jenis tarian gagrak Yogyakarta selama 18 jam nonstop melalui lomba Tari Golek Ayun-Ayun tingkat SMA yang di mulai pukul 07.00 WIB, dilanjutkan tari kreasi yang dimainkan oleh peserta anak Sekolah Dasar,” katanya melalui siaran tertulisnya.

Acara ini juga menghadirkan maestro tari Prof. Mandyo dengan membawakan tari Mataya Singkir Sengkala serta tarian klasik oleh mahasiswa ISI Yogyakarta. Sebagai penghujung acara, alumni mahasiswa Akademi Komunitas negeri Seni dan Budaya Yogyakarta dari lintas angkatan mempersembahkan parade tari hingga acara berakhir pada pukul 00.00 WIB.

BACA JUGA: Hari Tari Sedunia, K-Pop Jadi Tantangan Tari Tradisional 

Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma kegiatan tersebut merupakan pembuktian bagaimana semua mahasiswa punya kemandirian dan sumber daya manusia (SDM) seniman yang berdaya utamanya terkait dengan kesejahteraan yang berorientasi dengan peningkatan ekonomi,

“Tentunya lulusan itu menjadi agen perubahan, supaya bagaimana perkembangan seni budaya di Yogyakarta itu sesuai dengan arus perkembangan zaman. Di samping itu alumni yang tersebar juga sebagai perekat solidaritas sosial, dimana sekat-sekat masyarakat itu bisa dieliminir. Maka dari itu bukti dari tampilnya para alumni pada peringatan Hari Tari Dunia ini satu bukti bahwa mereka setelah lulus juga punya kemandirian terkait dengan pemajuan seni budaya, mereka tetap hadir dan mengabdikan diri berangkat untuk mengembangkan seni budaya Yogyakarta,” ujarnya

Dalam penyelenggaraan perayaan Hari Tari Sedunia tahun 2024 ini, selain bersinergi dengan komunitas masyarakat budaya, AKN Seni Budaya Yogyakarta juga bekerjasama dengan 13 sanggar tari yang ada di DIY serta 163 peserta tari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

1,4 Miliar Penduduk India Terancam Cuaca Panas Ekstrem

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement