Advertisement

Jemaah Calon Haji Sleman Diingatkan Soal Cuaca Panas Saat di Tanah Suci

David Kurniawan
Jum'at, 17 Mei 2024 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Jemaah Calon Haji Sleman Diingatkan Soal Cuaca Panas Saat di Tanah Suci Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 1.253 calon haji asal Sleman berpamitan dengan Bupati Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Danang Maharsa di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jumat (17/5/2024). Diharapkan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci untuk terus menjaga Kesehatan.

Kepala Kemenag Sleman, Sidik Pramono mengatakan, total ada 1.253 calon haji asal Sleman. Jumlah ini ada tambahan dikarenakan di kuota awal hanya 1.133 orang.

Advertisement

“Yang menentukan Kemenag DIY. Memang ada tambahan, tapi belum mengecek penambahan karena apa,” kata Sidik, Jumat siang.

Dia menjelaskan, Jemaah yang berangkat di tahun ini telah menunggu antrean kurang lebih selama 12 tahun. Pasalnya, yang diberangkatkan merupakan warga yang mendaftar di 2011, 2012 dan 2013.

BACA JUGA: Pesawat Terkendala Teknis, Penerbangan Jemaah Calon Haji Kloter 5 Makassar Terpaksa RTB

Sidik mengungkapkan, keberangkatan terbagi dalam enam kloter. Yakni, Kloter 48 dengan jumlah calon jamaah haji sebanyak 353 orang dan 7 orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pada 24 Mei 2024.

Kemudian, kloter 50 dengan jumlah calon jamaah haji sama dengan kloter sebelumnya yaitu 353 orang dan 7 orang petugas haji, dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 25 Mei 2024. Di tanggal yang sama juga calon jamaah haji kloter 53 dengan jumlah 354 orang dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan.

Selanjutnya, sebagian calon jamaah haji Sleman masuk ke dalam kloter 54 yang berjumlah 112 orang bergabung dengan calon jamaah dari Kabupaten lainnya dan dijadwalkan masuk Asrama Haji pada tanggal 26 Mei 2024. Begitu juga untuk calon jamaah haji sleman di kloter 81 dengan jumlah 41 orang, bergabung dengan calon haji asal Kota Jogja dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 2 Juni 2024.

“Untuk terakhir masuk di Kloter 100 akan masuk ke Asrama Haji pada 9 Juni mendatang,” katanya.

Dia berharap kepada Jemaah untuk menjaga Kesehatan. Pasalnya, suhu di Tanah Suci bisa mencapai 45-50 derajat Celsius.

“Dehidrasi harus dihindari dan setiap Jemaah diminta membawa alat pelindung seperti masker, kacamata hingga payung. Kepada Jemaah, juga diminta jangan lupa minum air minimal tiga teguk setiap sepuluh menit sekali,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyambut baik pamitnya calon jemaah haji asal Sleman. Ia menyebut keberangkatan merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata. Ia juga meminta kepada Jemaah menjaga Kesehatan karena kondisi di Tanah Suci berbeda jauh dengan di kampung halaman.

“Niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Yang tak kalah penting, Kesehatan harus terus dijaga,” kata Kustini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement