Advertisement

2 Nelayan Gunungkidul Hilang saat Pasang Jaring Lobster, Diduga Perahu Dihantam Gelombang

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 06 Juni 2024 - 08:17 WIB
Sunartono
2 Nelayan Gunungkidul Hilang saat Pasang Jaring Lobster, Diduga Perahu Dihantam Gelombang Tim SAR melakukan pencarian terhadap dua nelayan Gunungkidul yang hilang, Kamis (6/6/2024) dinihari. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dua nelayan bernama Agung Widodo, 55, warga Pracimantoro dan Tatak Prayogo, 27, warga Girisubo hilang setelah memasang jaring lobster sekitaran Tebing Nguluran atau barat Pantai Sadeng, Rabu (5/6/2024) pukul 16.30 WIB.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Sagara mengatakan kedua nelayan tersebut melaut untuk memasang jaring lobster pukul 14.30 WIB menggunakan perahu jukung, Rabu kemarin. Namun, mereka tidak juga mendarat di Dermaga Pantai Sadeng hingga pukul 17.30 WIB.

Advertisement

BACA JUGA : 2 Nelayan Pantai Sadeng Gunungkidul Hilang Misterus, Begini Kronologinya

Anggota SAR berinisiatif mencari ke tengah lautan. Tidak lama setelah pergi dari dermaga Pantai Sadeng, tepatnya di depan Tebing Nguluran, anggota SAR menemukan sebuah tangki perahu mesin tempel yang diduga tangki tersebut adalah tangki perahu korban.

“Anggota SAR tadi kemudian melaporkan kepada regu SAR Pantai Sadeng dan melanjutkan pencarian,” kata Sunu dikonfirmasi, Kamis (6/6/2024).

Setelah itu, SAR Pantai Sadeng dan nelayan menuju ke tempat kejadian. Anggota SAR dengan empat perahu jukung dan nelayan berangkat ke tengah pukul 18.10 WIB. Mereka menemukan serpihan perahu. Beberapa saat kemudian, tim pencarian laut mendarat karena waktu sudah gelap dan gelombang semakin tinggi.

Pukul 20.00 WIB, anggota SAR berjumlah enam belas orang melakukan penyisiran melalui darat. Titik penyisir dibagi menjadi tiga yaitu Tebing Ngungap, Tebing Nguluran, dan Pantai Srakung. Pencarian masih belum membuahkan hasil hingga pukul 01.40 WIB.

Lebih jauh, Sunu menjelaskan rencana operasi hari pertama, Kami (6/6/2024) hari ini. Ada dua tim dalam pencarian hari ini yaitu Tim Kapal dan Tim Darat. Tim Kapal berencana memulai penyisiran dari Pantai Siung ke arah timur menuju tempat kejadian. Tim ini menggunakan perahu jukung dengan anggota pencari dari SAR Wilayah Operasional I dengan empat personel.

BACA JUGA : Perahu Nelayan di Gunungkidul Hilang Kontak sejak Jumat, hingga Sabtu Malam Belum Diketahui Keberadaannya

Selain itu, dua nelayan dan satu anggota SAR menggunakan sepuluh perahu nelayan Pantai Sadeng akan mulai melakukan penyisiran dermaga Pantai Sadeng ke arah barat menuju tempat kejadian.

Adapun tim darat terbagi menjadi dua search and recue unit (SRU). SRU I melakukan penyisiran di seputaran Tebing Ngungap ke timur dan ke barat hingga radius 500 meter. SRU II melakukan penyisiran di seputaran tebing Pantai Srakung ke timur dan hingga radius 500 m.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Said Aqil Nilai Pemberian Izin Usaha Tambang Bisa Jadi Bentuk Balas Budi Negara kepada Ormas

News
| Selasa, 02 Juli 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement