Advertisement

Tekan Angka Stunting di Bawah 14 Persen, Pemkab Bantul Gencarkan Intervensi Serentak

Ujang Hasanudin
Jum'at, 07 Juni 2024 - 11:57 WIB
Ujang Hasanudin
Tekan Angka Stunting di Bawah 14 Persen, Pemkab Bantul Gencarkan Intervensi Serentak Ilustrasi penanganan stunting. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul terus berupaya menekan angka stunting di Bumi Projotamansari. Salah satunya  melakukan kolaborasi dengan berbagai lintas sektor untuk menggencarkan pelaksanaan intervensi serentak dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bantul Hermawan Setiaji mengatakan pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting merupakan langkah strategis untuk menurunkan angka sunting melalui kegiatan pemeriksaan, pengukuran dan penimbangan di seluruh posyandu secara serentak, dengan sasaran calon pengantin, ibu hamil dan balita

Advertisement

"Dalam pencegahan stunting, Bantul telah memiliki tim percepatan penurunan stunting dan program pemberdayaan masyarakat tingkat pedukuhan dengan memberikan alokasi dana sebesar Rp50 juta tiap pedukuhan, yang salah satu fokusnya pada penuntasan dan pencegahan stunting," kata Hermawan dalam keterangannya, Jumat (7/6/2024)

Hermawan mengatakan pada sektor hulu, pemerintah kabupaten juga melaksanakan program pendampingan dan konseling dalam tiga bulan sebelum pernikahan kepada para calon pengantin yang melibatkan unsur kesehatan dan KUA (Kantor Urusan Agama).

"Para kader yang sudah dibentuk sebelumnya berperan penting dalam memastikan bahwa calon pengantin dan anak-anak yang sulit atau enggan datang ke posyandu tetap mendapatkan perhatian dan intervensi. Setelah mengidentifikasi masalah, langkah selanjutnya adalah intervensi melalui kolaborasi antara calon pengantin dan puskesmas. Pihak KUA juga terlibat dalam edukasi dan bantuan terutama terkait pemenuhan gizi yang memadai," paparnya.

BACA JUGA: Angka Stunting di DIY Tahun Ini Ditarget Turun Menjadi 14 Persen, Ini Strategi yang Dilakukan

Menurutnya, stunting merupakan masalah kompleks, bukan sekadar asupan gizi, namun juga masalah kesehatan, ekonomi, edukasi dan kesejahteraan keluarga. "Jadi kita bersama harus bergotong-royong, berkolaborasi lintas sektor dan lintas aktor untuk menyelesaikan permasalahan ini," ucapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul Ninik Istitarini mengatakan, tujuan intervensi serentak pencegahan stunting, yaitu untuk mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran.

Kemudian setelah diberikan edukasi, melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke pos pelayanan terpadu (posyandu) setempat. "Kami mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi serta membangun komitmen publik dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting secara terintegrasi di kabupaten/kota," katanya.

Ia mencatat angka prevalensi stunting di Bantul mengalami kenaikan signifikan, mengingat pada 2022 prevalensi stunting Bantul berada di 14,9 persen, namun terjadi peningkatan di tahun 2023 menjadi 20,05 persen.

Oleh karena itu, Pemkab Bantul berharap, angka prevalensi stunting di Bantul pada 2024 dapat sesuai dengan target nasional yakni 14 persen. Sehingga target penurunan sekitar lima persen dalam enam bulan ke depan menjadi fokus utama Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement