Advertisement

30 Startup Terpilih di DIY Dilatih Kembangkan Bisnis

Sunartono
Selasa, 11 Juni 2024 - 10:07 WIB
Sunartono
30 Startup Terpilih di DIY Dilatih Kembangkan Bisnis Pemilik start up menyimak ulasan materi yang disampaikan Direktur Inkubator Bisnis & Teknologi Ibisma UII Bagus Panuntun, Senin (10/6/2024). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 30 start up terbaik di DIY dilatih mengembangkan usahanya melalui Growth Academy for Sustainable Business: Bootcamp Peningkatan Kapasitas Startup yang digelar Kemenkop UKM RI bersama Inkubasi Bisnis dan Inovasi Bersama (Ibisma) UII. Kegiatan pendampingan bagi start up itu akan diikuti selama tiga bulan dan dibuka pada Senin (10/6/2024) di Hotel IBIS Styles Jogja.

Salah satu materi yang diberikan terkait dengan pengujian produk dan validasi pasar yang disampaikan Direktur Inkubator Bisnis & Teknologi Ibisma UII Bagus Panuntun. Salah satu pengujian produk dan validasi yang penting dilakukan oleh start up adalah dengan memastikan bahwa produknya mampu menyelesaikan masalah konsumen.

Advertisement

BACA JUGA : Percepat Penurunan Stunting, BKKBN DIY Sepakati MOU Dengan Usaha Start Up Distribusi Kebutuhan Pokok

"Selain itu cara paling mudah yaitu dengan melakukan survei ke konsumen bagaimana dengan produk yang dihasilkan. Konsumen harus diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasi produk kita, sehingga bisa melakukan perbaikan," kata Bagus.

Selain materi tersebut, 30 start up terpilih tersebut juga diberikan materi terkait pengembangan inovasi dan desain produk, strategi kepemimpinan untuk pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. Selain itu terkait dengan strategi pengelolaan keuangan, pengembangan jaringan usaha dan pasar serta, pengenalan akses permodalan.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi UKM RI Siti Azizah mengatakan kegiatan bootcamp ini untuk mendukung pertumbuhan startup khususnya yang konsen dengan agrikultur, aquakultur dan green business. Harapannya persentase jumlah peserta inkubasi mampu menjadi wirausaha mandiri.

"Penerima manfaat langsung dari program ini terdiri atas wirausaha pemula, serta manfaat tidak langsung berupa dukungan pada peningkatan perekonomian nasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement