Advertisement

Viral Wajah Pelaku Pembuang Sampah di Giwangan Kota Jogja Dicetak di Spanduk

Sunartono
Rabu, 12 Juni 2024 - 20:17 WIB
Sunartono
Viral Wajah Pelaku Pembuang Sampah di Giwangan Kota Jogja Dicetak di Spanduk Warga memasang spanduk wajah pelaku pembuangan sampah di Kota Jogja. - Instagram.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video rekaman CCTV memperlihatkan pelaku pembuang sampah sembarangan di Kampung Mnedungan RT 31 RW 11 Giwangan, Kota Jogja viral di media sosial. Warga yang sudah geram kemudian mencetak wajah-wajah para pelaku untuk dipasang di sebuah spanduk.

Video tersebut diunggah di akun Instagram @merapi_uncover pada Selasa (11/6/2024). Di video tersebut tampak sejumlah orang yang mengendarai motor tanpa menggunakan helm berjalan pelan di sebuah gang kemudian menjatuhkan tas plastik berukuran besar yang diduga kuat berisi sampah.

Advertisement

BACA JUGA :Penggerobak Mengeluh, Jadwal Buang Sampah Tak Pasti hingga Kehilangan Pekerjaan

Tujuan menyebarluaskan para pelaku tersebut agar ada efek jera ke masyarakat. Bahwa melakukan buang sampah tidak pada tempatnya sangat menganggu, apalagi di tengah permukiman warga.

"Mohon diloloskan min, Video pembuangan Sampah Sembarangan di Kampung Mendungan RT31 RW11 Giwangan UH, dekat dengan TPS 3R Nitikan & Pengolahan Sampah Kota Yogyakarta. Dampak dari overloadnya TPS 3R Nitikan & Pengolahan Sampah Kota Yogyakarta berimbas pada aksi buang sampah Sembarang yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab di sekitaran TPS 3R Nitikan yang kemudian dibuang di area Gang Pelangi 3&5 Kampung Mendungan RT 31 (bukti CCTV). Untuk area lain juga masih ada sebenarnya hanya saja tidak ada CCTV diarea tersebut," tulis di unggahan akun tersebut.

"Berikut Video CCTV oknum tersebut sudah jelas adanya . Mohon diloloskan agar menjadi efek jera ketika orang sekitar kampung Mendungan maupun TPS 3R Nitikan untuk tidak membuang sampah sembarangan,"

Kolase video tersebut terjadi tidak hanya malam hari namun juga siang. Para pelaku tidak hanya laki-laki namun juga perempuan dan sebagian besar tidak menggunakan helm. Artinya, para pelaku dimungkinkan tinggal tak jauh dari area Giwangan Kota Jogja.

BACA JUGA : Satpol PP Jogja Kembali Mengintensifkan Kembali Patroli Sampah

Dalam video tersebut juga tampak foto warga yang sedang memasang spanduk yang didalamnya berisi sejumlah foto wajah yang diduga merupakan pelaku pembuang sampah yang terekam CCTV. Spanduk itu bertuliskan Waspada Anda Sudah Terpantau CCTV RT 31, Ditunggu Itikad Baiknya. Kemudian di bawah tulisan tersebut ada tiga foto pelaku.

Sebelumnya Kepala Satpol PP Kota Jogja, Octo Noor Arafat, menegaskan akan mengintensifkan patroli terkait pelaku pembuang sampah. “Dalam pekan ini akan kami insentifkan lagi bukan hanya patroli, penjagaan, tetapi penghalauan,” ujarnya Jumat pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muncul Isu Gempa Susulan Lebih Besar di Bandung, BMKG: Hoax!

News
| Rabu, 18 September 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement