Advertisement

Iduladha 2024, Penggilingan Daging di Gunungkidul Dibanjiri Ratusan Pelanggan

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 18 Juni 2024 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Iduladha 2024, Penggilingan Daging di Gunungkidul Dibanjiri Ratusan Pelanggan Beberapa orang sedang mengantre di Lapak Penggilingan Daging Sor Ringin Pasar Argosari, Kalurahan Wonosari, Wonosari, Gunungkidul, Selasa (18/6/2024).Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Momen Hari Raya Iduladha ternyata membawa berkah langsung kepada penyedia jasa penggilingan daging seperti di Pasar Argosari, Kalurahan Wonosari, Wonosari, Gunungkidul.

Bos Penggilingan Daging Sor Ringin Pasar Argosari, Bagong mengatakan lapaknya berdiri sejak 2005. Pada momen Iduladha, rata-rata pelanggan yang datang untuk menggilingkan daging per hari mencapai 700 orang. Jam bukan mulai pukul 04.00 WIB – selesai.

Advertisement

“Paling tidak 90 persen pelanggan menggiling daging di sini buat bahan baku bakso,” kata Bagong ditemui di lapaknya, Selasa (18/6/2024).

BACA JUGA: Libur Iduladha 2024, Warga Antusias Mengikuti Hajad Dalem Garebeg Besar Keraton Yogyakarta

Bagong mematok tarif jasa penggilingan per kilogram daging Rp6.000. Hari pertama Iduladha, dia dapat menggiling hingga dua ton, begitupun dengan hari kedua. Dengan begitu, dalam dua hari, dia dapat menggiling empat ton daging. Apabila hari biasa, dia hanya dapat menggiling daging sekitar tiga kwintal.

“Dari dulu kalau momen Iduladha memang bisa sampai berton-ton daging yang kami giling,” katanya.

Kebanyakan pelanggan berasal dari wilayah sekitar pasar seperti Baleharjo, Karangtengah, dan Siraman. Jika momen Iduladha, mayoritas pelanggan membawa daging sapi.

Mesin yang dia pakai untuk menggiling hanya dapat digunakan untuk 10 kg daging dalam sekali giling. Ada empat mesin yang dia punya. Jika semua digunakan, maka dalam sekali giling, setidaknya ada 40 kg daging yang masuk mesin.

“Kalau daging milik pelanggan hilang atau tertukar, pasti kami ganti. Ini kelebihan layanan kami,” ucapnya.

Salah satu pelanggan asal Karangduwet, Paliyan, Sulastini mengaku membawa daging sapi 1,5 kg untuk digiling. Sedangkan, kakaknya membawa 2,5 kg daging yang sama.

“Mau saya buat bakso. Saya memang bukan penjual bakso, tapi sekarang kan pas momennya dapat daging kurban. Anak saya lebih suka makan bakso daripada daging langsung,” lanjutnya.

BACA JUGA: Libur Iduladha 2024, Okupansi Hotel di Bantul Alami Penurunan, Pantai Parangtritis Masih Favorit Wisatawan

Selain momen Iduladha, Sulastini juga rutin menggiling daging, namun daging ayam. Ini salah satu caranya untuk mengolah daging agar anaknya suka makan.

Dia memang menjadi pelanggan setia Penggilingan Daging Sor Ringin, karena hasil penggilingan di situ sesuai dengan kualitas yang dia inginkan. Sangat pas jika dijadikan bahan baku bakso.

“Soalnya di tempat lain, ada yang hasil gilingannya blenyek. Kalau dicetak jadi lembek,” kata Sulastini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

100 Anak Ikut Khitan Massal di Sleman

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terduga Penembak Donald Trump Tewas Ditembak, Motif Masih Diselidiki

News
| Minggu, 14 Juli 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Bogor Punya Banyak Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Ini Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 13 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement