Advertisement

Satu Peserta PPDB di Kulonprogo Batal Diterima Lantaran Alamat Rumah Tak Sama dengan KK

Triyo Handoko
Selasa, 25 Juni 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Satu Peserta PPDB di Kulonprogo Batal Diterima Lantaran Alamat Rumah Tak Sama dengan KK Suasana konsultasi orang tua terkait PPDB untuk jenjang SMP di Kulonprogo yang masuk jalur zonasi wilayah, prestasi, dan perpindahan orang tua di mana dilayani di Posko Disdikpora, Selasa (25/6/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo membatalkan satu calon siswa SMP lantaran ditemukan ketidakcocokan data dalam pendaftaran PPDB. Padahal siswa tersebut sudah dinyatakan diterima. Setelah dicek ternyata alamat rumah casis tidak sesuai dengan data yang didaftarkan.

Kepala Bidang SMP Disdikpora Kulonprogo, Dorojatun Kuncoroyakti menjelaskan calon siswa tersebut awalnya sudah diterima pada jalur zonasi radius yang sudah ditutup pada Jumat (21/6/2024) kemarin. Pembatalan dilakukan lantaran alamat rumah siswa ini yang jadi indikator penilaian dalam penerimaan tidak sesuai dengan alamat yang berada di kartu keluarganya (KK).

Advertisement

Meskipun dibatalkan penerimaan siswa tersebut, Kuncoro menyebut orang tua yang bersangkutan dapat mendaftar lagi pada jalur yang lain di mana kini sudah masuk jalur zonasi wilayah, prestasi, dan perpindahan orang tua. "Fenomena menumpang KK ini sudah kami antisipasi, sekarang kalau ada pendaftar yang status dalam KK-nya sebagai famili lain maka ditolak," tegasnya.

Sekalipun sudah mengantisipasi kecurangan, jelas Kuncoro, Disdikpora Kulonprogo tetap jeli dan hati-hati. "Pembatalan status diterima itu kami ambil setelah melakukan peninjauan dan pencermatan, setelah diteliti ternyata alamatnya tidak sesuai maka kami putuskan dibatalkan status diterimanya," ujar dia.

Disdikpora Kulonprogo juga membuka kanal aduan bagi kecurangan PPDB yang setiap laporan pasti ditindaklanjuti. "Sistem yang ada dalam PPDB sekarang juga transparan dan akuntabel, bisa diperiksa bersama dan real time, kalau ada laporan kecurangan pasti kami tindak lanjuti juga," tuturnya.

Selain kecurangan terdapat juga kendala dalam PPDB jenjang SMP di Kulonprogo. Kuncoro menyebut dalam jalur zonasi wilayah terdapat padukuhan yang tak muncul dalam sistem.

BACA JUGA: Hari Pertama PPDB SMAN dan SMKN DIY, Masih Ada Orang Tua yang Bingung

Selain itu kendala lain pada jalur prestasi, lanjut Kuncoro, ditemukan data nilai calon siswa yang juga tak muncul. "Misalnya sertifikat prestasinya belum tercatat, maka langsung semuanya kami perbaiki," ujar dia.

Salah satu orang tua siswa yang memperbaiki data anaknya tersebut adalah Muji Lestari. Dia langsung berkonsultasi ke Posko PPDB di Kantor Disdikpora Kulonprogo pada Selasa siang. "Tadi ada sertifikat juara lomba belum masuk sistem, lalu saya daftarkan agar bisa jadi nilai tambah anak saya," ungkapnya.

Muji menyebut layanan yang ada di Posko PPDB itu cukup baik dan membantunya. "Mudah pelayannya, tidak antre panjang juga. Tidak dipungut biaya juga semuanya gratis," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement